Tips untuk Menjaga Keamanan Mobil dari Para Orang yang Tidak Bertanggungjawab

Mobil merupakan alat transportasi yang sering digunakan untuk berangkat bekerja dan perjalanan jauh. Mobil memudahkan pengguna untuk membawa barang dalam jumlah yang banyak, tak jarang barang yang dibawa merupakan barang berharga. Seringkali pengguna mobil menaruh barangnya didalam mobil saat pergi ke tempat kerja atau mall atau tempat umum lainnya.

Di zaman yang serba canggih ini, tidak hanya alat yang canggih tetapi juga orang-orang semakin canggih dalam memanfaatkan alat-alat tersebut. Hal ini juga turut menambah angka kriminilitas bertambah setiap tahunnya. Banyak cara untuk seseorang mendapatkan barang diinginkan dengan cara mengambil milik orang lain. Saat ini, banyak sekali aksi pencurian yang terjadi.

Para pencuri biasanya memanfaatkan tempat umum menjadi sasaran dalam aksi kejahatan yang dilakukan. Sekarang ini marak sekali terjadi pencurian mobil dan motor. Jika kendaraan yang di parkir tidak memiliki keamanan yang baik maka kemungkinan besar mobil tersebut dapat dibobol oleh penjahat. Banyak sekali kejadian ini terjadi di tempat umum dan pencurian ini terjadi begitu cepat sehingga pemilik tidak akan menyadari gerak-gerik sang pelaku. Oleh karena itu, hampir di semua tempat umum diletakkan cctv untuk memantau aksi pencurian kendaraan. Namun hal itu tidak mengurangi jumlah pencuri kendaraan. Mobil merupakan sasaran empuk para pelaku karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Oleh sebab itu, pengguna mobil perlu memperhatikan beberapa hal ketika akan meninggalkan mobil di tempat umum dan mengurangi keusilan pencuri mobil. Berikut tips yang akan membantu pengguna mobil mengamankan mobil dari orang yang tidak bertanggungjawab diantaranya adalah:

  • Alarm mobil, saat mobil akan di mobil alarm akan mengeluarkan bunyi sirine sehingga menarik perhatian orang-orang ke sumber bunyi. Selain itu juga, saat anda keluar dari mobil pastikan mengunci pintu dan jendela kaca mobil dengan baik karena hal tersebut dapat menyebabkan alarm tidak aktif.
  • Kunci stir, supaya mobil tidak bisa digerakkan.
  • Memanfaatkan GPS (Global Positioning System), GPS adalah teknologi pelacakan keberadaan mobil berdasarkan pantauan satelit. Namun ini harus dilakukan cepat apabila pencuri lebih dulu menemukan alat ini maka dapat di non-aktifkan sehingga pemilik mobil tidak dapat melacak GPS mobil.
  • Chip kontak, alat yang bekerja pada kontak mobil dengan sensor chip tertentu yang mampu bebas screening pada kontak kunci mobil.

Tips-tips diatas dapat menjawab kebingungan pengguna mobil apabila meninggalkan mobil di tempat umum ataupun sepi. Sangat disarankan untuk memarkir mobil di tempat yang di awasi oleh cctv dan jangan sekali-sekali meninggalkan barang berharga di mobil karena akan memancing pencuri untuk membobol mobil. Selain itu juga jangan meninggalkan kartu parkir atau kartu penting di dalam mobil karena dapat mempermudah seorang pencuri untuk keluar membawa mobil. Dengan demikian, tips diatas dapat membantu pengguna mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *