Tips Tepat Merawat Mobil Toyota Klasik Anda Agar Tidak Mudah Rusak

Toyota merupakan brand dari kendaraan bermotor roda 4, yang memang telah memiliki pengalaman lebih dari puluhan tahun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Indonesia. Dengan berbagai produk mobil andalan, yang dapat digunakan dalam berbagai medan, tidak hanya mobil Toyota model baru saja, yang selalu diburu oleh masyarakat Indonesia, namun mobil Toyota klasik pun bahkan masih menjadi perburuan yang menarik oleh sebagian kalangan masyarakat di Indonesia, untuk dijadikan sebagai tunggangan utama ataupun sekedar mobil koleksi pribadi mereka. Namun tahukah Anda meskipun memiliki kehandalan dalam hal mesin dan performa, namun mobil klasik dari Toyota pun harus tetap Anda berikan perawatan dengan khusus, agar nantinya semua panel dalam mobil tersebut dapat berfungsi dengan optimal.

Mengganti oli merupakan perawatan wajib yang harus Anda lakukan secara rutin dan berkala, pada mobil Toyota yang Anda gunakan. Pastikan Anda selalu melakukan pergantian tepat sesuai dengan jadwal penggantian oli untuk mobil Toyota klasik yang Anda miliki. Gunakan oli berkualitas tinggi, agar nantinya oli dapat memberikan manfaat, serta dapat menjaga kinerja mesin mobil, dan tidak membuatnya menjadi cepat panas. Penggantian oli secara berkala ini akan menghindarkan Anda dari berbagai kerusakan mesin yang mungkin terjadi, karena keterlambatan penggantian cairan tersebut. 

Hal  yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan perawatan mobil klasik Toyota, yang Anda miliki ini, antara lain adalah:

  • Perhatikan bagian aki dari mobil tersebut, bersihkan kepala aki dari kerak yang mungkin menghinggapi, dan lakukan pengecekan secara berkala. Kepala aki yang dibersihkan secara rutin, akan menghindarkan kerak menempel diatasnya. Kerak yang menempel, dapat mengakibatkan aki tidak berfungsi dengan optimal.
  • Copotlah aki dari kabel penghubung mesin, apabila modal tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Aki yang dibiarkan terus menempel, akan dapat mengakibatkan daya dalam aki terus digunakan, yang pada akhirnya dapat membuat daya aki menjadi drop.
  • Perhatikan berbagai panel yang terdapat dalam mobil Toyota anda, lakukan pengecekan secara rutin, dan apabila terdapat kerusakan pada bagian tertentu pada panel, maka segera lakukan perbaikan, agar tidak menular pada bagian lainnya.

Jika terdapat sebuah sparepart yang memang harus diganti, karena memang sudah tidak dapat difungsikan, maka segeralah ganti sparepart tersebut, dengan catatan bahwa Anda menggantinya dengan spare part asli, agar nantinya tidak menganggu fungsi dari spare part lainnya. Dengan mengaplikasikan sparepart asli, berarti Anda juga telah secara tidak langsung menjaga fungsi dari panel lainnya.

Jika Anda kesulitan dalam mendapatkan spare part mobil Toyota klasik Anda, maka solusi paling tepat untuk Anda lakukan, adalah bergabung dengan group-group pecinta kendaraan klasik dari Toyota, karena pada umumnya dari group inilah Anda dapat mengetahui tempat-tempat mana saja yang memiliki spare part asli dari mobil Toyota Anda dengan lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *