Tape Mobil USB

Tips Sederhana untuk Mengatasi Masalah Pada Tape Mobil USB Anda

Tape mobil USB adalah salah satu jenis aksesoris yang wajib dipertimbangkan saat memilih dan membeli mobil. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya audio USB tersebut dapat membantu Anda untuk terhindar dari kejenuhan terutama saat Anda sedang melakukan perjalanan jauh ataupun sedang terjebak macet. Akan tetapi, audio USB juga dapat rusak karena sering digunakan sehingga kualitasnya menurun ataupun karena faktor lainnya misalnya karena kerusakan tertentu yang mengakibatkan USB dari audio tersebut tidak dapat membaca data dengan baik.

Terdapat beberapa cara sederhana untuk mengatasi masalah yang sering terjadi pada audio USB. Pertama yaitu USB yang tidak dapat membaca data. Permasalahan ini banyak terjadi dan tidak dikarenakan head unit yang bermasalah akan tetapi karena kesalahan dari penggunanya. Kesalahan paling sederhana yang sering dilakukan adalah memasang USB yang kapasitasnya lebih besar dibandingkan dengan kapasitas dari tape USB tersebut. Setiap USB Yang terpasang pada audio USB pada mobil akan membaca keseluruhan data yang ada di dalam folder USB tersebut sehingga membutuhkan daya serta memori yang besar untuk melakukannya.

Tape Mobil USBSolusinya adalah sebaiknya gunakan USB yang memiliki kapasitas yang kecil sehingga memudahkan head unit audio untuk membaca isi dari USB tersebut karena masing-masing audio USB pada mobil sudah dirancang dengan kapasitas tersendiri dan tidak terlalu besar. Kapasitas USB maksimal yang sebaiknya Anda gunakan adalah 2GB serta gunakan sistem folder untuk memperingan kerja head unit dan hindari untuk mencolokkan harddisk karena akan membuat sistem tidak dapat membaca data di HDD eksternal tersebut.

Kedua adalah head unit yang mati. Cek apakah ukuran din sesuai atau tidak terutama jika Anda pernah mengganti head unit standar dengan menggunakan produk after market. Jika sebelum dipasang head unit pada tape mobil USB hidup namun setelah dipasang, head unit tersebut mati, masalahnya bukan pada instalasinya namun pada melemahnya komponen yang terdapat di head unit atau pada bagian IC regulator yang kurang normal. Sehingga sebelum memasang atau mengganti, pastikan terlebih dahulu apakah semua komponen head unit berfungsi dengan baik.

Ketiga adalah speaker mobil yang mati. Kerusakan ini dapat terjadi karena beberapa faktor termasuk karena ‘komplikasi’ penyebab. Untuk mengetahui kerusakannya, Anda harus melihat terlebih dahulu apakah sistem audio tersebut menggunakan power amplifier atau tidak dan jika tidak, biasanya kesalahan atau kerusakan terjadi di bagian kabel seperti kabel yang terjepit pintu ataupun kabel speaker yang menempel pada body atau karena penyambungan yang tidak sempurna atau tidak di solder. Solusinya adalah dengan membuka door trim pintu lalu memeriksa kabel speaker dan sambung kembali kabel yang terlepas atau rapikan kabel tersebut. Namun, apabila menggunakan power amplifier, biasanya disebabkan karena overheat atau power yang terlalu panas. Solusinya, Anda jangan menutup lubang sirkulasi pada power amplifier mobil.

Masalah lainnya pada tape mobil USB dan solusi sederhana yang dapat dilakukan yaitu:

  • Tombol switch yang tidak dapat berfungsi normal karena jarang digunakan yang menyebabkan oksidasi kotoran dan debu. Solusinya, Anda harus servis head unit atau mengganti dengan jeroan switch yang baru.
  • Touch screen menjadi kurang sensitif atau tidak dapat dioperasikan dengan baik. Solusinya adalah dengan mengganti layar sentuh tersebut.
  • Remote control yang tidak dapat berjalan dengan baik dengan menggunakan infra red. Anda harus mengecek baterai remote tersebut lebih dahulu sehingga jika hanya masalah baterainya yang rusak, Anda dapat mengganti baterai namun jika parah, harus mengganti remote.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *