Tips Perawatan Mobil Tua Kijang dari Toyota

Toyota merupakan salah satu produsen mobil tertua yang memang telah memasarkan bahan memproduksi mobil mereka di Indonesia, lebih dari puluhan tahun yang lalu. Dengan berbagai teknologi dan inovasi berbagi mobil telah diproduksi oleh Toyota hingga saat ini. Namun demikian bagi sebagian kalangan pencinta mobil produksi tua, mobil Toyota yang diproduksi pada puluhan tahun lalu, menjadi salah satu barang perburuan, yang rela mereka beli dalam harga yang lebih mahal dari harga mobil baru saat ini. Selain memiliki bentuk dengan arsitektur yang menarik, mobil tua dari Toyota ini juga memiliki body serta mesin yang bandel, sehingga masih dapat digunakan untuk berbagai medan, dalam bentuk tanjakan sekalipun.

Salah satu mobil tua dari Toyota yang masih sering kita temukan digunakan oleh para pencinta mobil tua adalah jenis mobil Kijang dari Toyota. Meskipun beberapa versi terbaru dari model Kijang telah diproduksi dan dilempar ke pasaran oleh Toyota, namun mobil Kijang dengan bentuk kotak, tetap menjadi primadona bagi mereka yang memang memiliki hobi dan kegemaran mengoleksi berbagai mobil tua. Selain bentuknya yang unik, mobil Kijang dari Toyota ini juga terkenal memiliki mesin yang tangguh dan dapat digunakan untuk jarak tempuh yang panjang, meskipun tergolong mesin dalam produksi tua.

Meskipun memiliki tingkat kehandalan yang lebih, namun untuk menjaga keawetan dari mesin ataupun body mobil Kijang, tetaplah dibutuhkan beberapa treatment khusus didalamnya. Adapun beberapa perawatan khusus untuk mobil tua Kijang Toyota tersebut, antara lain adalah:

  • Memperhatikan bagian body mobil, pastikan anda melakukan pembersihan dan perawatan body mobil secara berkala dan teratur. Jika memang cat mobil telah mengalami kerusakan, maka akan dianjurkan bagi Anda untuk melakukan pengecatan ulang.
  • Bersihkan dan service mesin secara berkala dan lakukan penggantian oli mobil dengan teratur dan terjadwal. Perhatikan bagian ring, karet dan kabel pada mesin dan pastikan semua berada ditempat yang seharusnya.
  • Perhatikan bagian velg dan ban dari mobil, jika memang ban telah aus maka segeralah ganti dengan ban baru.

Jika Anda tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lama, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk melepaskan kepala aki dari kabel penghubungnya. Hal ini merupakan sebuah antisipasi, agar tenaga pada aki tidak terserap dan terus memberikan energi pada mesin, dimana hal tersebut dapat mengakibatkan aki menjadi cepat drop ataupun lemah dan tidak bekerja sesuai fungsinya.

Untuk menjaga keawetan dari mesin mobil tua Anda, akan lebih disarankan bagi Anda untuk melakukan perawatan dan service berkala pada service resmi mobil Toyota. Dan jika Anda terpaksa mengganti salah satu sparepart pada mobil tua Anda, maka pastikan Anda menggantinya dengan sparepart asli keluaran dari Toyota. Dengan begitu mobil tidak hanya akan awet namun juga terjaga sistem kerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *