Tips Modifikasi Mobil Keluarga Agar Lebih Nyaman dan Aman Dikendarai

Sekarang ini banyak keluarga kecil sudah memiliki mobil sendiri, Toyota banyak menawarkan mobil yang nyaman dan aman untuk membawa banyak orang sekaligus. Konsep mobil keluarga memang banyak dikembangkan di pasar tanah air, dimana tampilan yang besar sering kali terlihat monoton. Kenapa tidak melakukan modifikasi mobil? Buat perubahan di beberapa bagian, sehingga tampilan berbeda dari milik orang lain. 

Tetapi saat melakukan modifikasi mobil keluarga, tidak boleh mengabaikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Apalagi jika mobil akan digunakan dalam jarak jauh, seperti mudik di kampong halaman. Inilah yang harus jadi pertimbangan penting, tampil keren namun tetap membuat penggunanya mau berlama-lama berada di dalam mobil, terlebih jika masih banyak anak-anak.

Bagi Anda yang ingin modifikasi mobil keluarga agar terlihat berbeda dan tidak lagi monoton, berikut ini ada beberapa saran perubahan yang membuat mobil terlihat keren tetapi tidak mengabaikan kenyamanan dan keamanan penggunanya:

  • Ganti ban mobil. Sedang trend untuk membuat tampilan ban lebih tipis, ini karena menggunakan velk mobil lebih besar dari ukuran seharusnya. Bukan hanya untuk bergaya, penggantian velg biasanya digunakan untuk membuat ban lebih stabil. Ini sangat diperlukan apalagi untuk pemula yang baru bisa mengemudi, ban mobil yang stabil akan memudahkan mengemudi mengendalikan laju mobil.
  • Aksesori multifungsi. Modifikasi bukan hanya menggantikan namun juga bisa menambahkan, misalkan seperti aksesori. Ada banyak tambahkan aksesori seperti di bagian dashboard diberikan tambahan tempat minum dan makan, bisa jadi slot khusus untuk menempatkan dokumen dan gadget, sehingga pengemudi bisa lebih fokus diperjalanan.
  • Ganti shock breaker. Mau lebih nyaman di jalan tidak rata, gunakan shock breaker ukuran lebih besar yang berfungsi menstabilkan jalannya mobil. Sebelum menggantinya, lihat dulu ukuran shock breaker, karena ada beberapa tipe yang sebaiknya disesuaikan dengan ukuran mobil. Ada gas shock yang cocok untuk mobil kecil, sedangkan untuk mobil tipe SUV Toyota lebih tepat menggunakan heavy duty shock, bahkan tersedia overload shock untuk mobil di daerah perbukitan.
  • Modifikasi kulit jok mobil. Mobil baru memang punya jok mobil warna standar, ganti jok mobil dengan tampilan yang mewakili pemakainya. Bahkan bisa mengganti bahan jok sesuai selera, jika tidak ingin mobil dimodifikasi terlalu lama, pakai saja sarung jok mobil baru. Ini tentu saja terasa lebih nyaman dan semakin betah di mobil, untuk Anda yang rutinitas kerja di jalan, jadikan mobil sebagai rumah kedua yang memberikan kenyamanan.
  • Modifikasi sistem audio video. Sekarang ini sudah banyak audio yang dikombinasikan dengan video, tambahkan layar ukuran kecil di bagian tengah dashboard. Ini akan berguna sebagai petunjuk jalan, tambahkan aksesori yang memudahkan pemutaran musik dari sisi kemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *