Tips Merawat Ban Mobil yang Baik dan Benar Agar Tidak Cepat Meletus

Ban mobil merupakan komponen terpenting dari mobil. Selain berfungsi untuk menopang beban berat kendaraan dan juga muatannya, kenyamanan dari kendaraan juga dipengaruhi oleh ban itu sendiri. Untuk itu bagi kita yang mempunyai kendaraan beroda empat ini, penting untuk selalu menjaga kondisi ban dengan terus rutin melakukan perawatan. Kondisi ban yang terawat akan bertahan akan jauh lebih awet dibandingkan dengan yang tidak pernah dilakukan perawatan.

Pada kendaraan, terutama mobil dengan kondisi ban yang tidak terawat tentu akan membahayakan tidak hanya pengemudi tetapi juga penumpang di dalamnya. Ban yang halus misalnya, akan berpengaruh pada pengereman karena daya cengkeram karet pada ban berkurang. Selain itu ban yang tipis juga lebih berpotensi meletus. Tidak mau bukan jika sewaktu mengendarai terjadi sesuatu dengan ban mobil Anda?. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips merawat ban mobil yang bisa diterapkan, diantaranya yaitu:

  • Periksalah selalu tekanan pada ban mobil secara berkala.

Pastikan selalu ban selalu terisi tekanan angin yang pas, karena tekanan pada ban memiliki peran yang sangat besar pada setiap kendaraan. Ban yang kempis, permukaannya saat menyentuh jalan akan lebih luas. Akibatnya gesekan dan panas yang diperoleh akan lebih cepat merusak ban. Jika tekanan angin berlebih juga tidak baik untuk mobil, karena membuat permukaan ban yang menyentuh jalanan semakin kecil sehingga cengkeraman pada jalan lebih rendah. Hal ini dapat membahayakan terutama jika di jalanan yang licin. Saat pengisian ban mobil sebaiknya dilakukan pada kondisi dingin semisal malam hari agar ban mobil masih dalam keadaan netral.

  • Merawat ban mobil dengan cara melakukan rotasi.

Tips berikut ini sangat berguna untuk memperpanjang usia ban mobil Anda. Caranya yaitu dengan melakukan pertukaran antara ban yang satu dengan yang lainnya, baik yang di depan, belakang, kanan, maupun kiri. Umumnya ban bagian depan lebih sering menerima gesekan saat mengerem. Begitu juga saat berbelok, untuk ban depan lebih banyak mengalami atraksi ekstra. Ini mempercepat berkurangnya cengkeraman pada ban. Dengan melakukan rotasi, maka semua ban akan mendapatkan tekanan dan gesekan yang sama sebelum nantinya bisa diganti dengan yang baru. Anda bisa melakukan rotasi ban mobil setiap menempuh 5000 km.

  • Cek kondisi alur ban.

Fungsi alur pada permukaan ban adalah untuk memberikan daya cengkeram pada jalanan. Jadi semakin dalam alur ban, maka akan semakin kuat daya cengkeramannya.

  • Hindari jalanan berlubang.

Hal ini sangat penting diperhatikan karena jika ban terlalu sering menghantam tempat berlubang maka akan lebih mempercepat kerusakan pada mobil.

  • Periksakan ke jasa perawatan mobil.

Jika Anda tidak memiliki pemahaman yang baik untuk perawatan mobil, ada baiknya menyerahkan kepada ahlinya. Sesuaikan jangka perawatan dengan jarak tempuh mobil yang telah dilalui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *