Tips Irit BBM Mobil untuk Para Pengguna Mobil dalam Kesehariannya

Mobil adalah kendaraan yang paling digemari. Sebagai pengguna mobil tentunya pengguna akan lebih menghemat pengeluaran BBM. Namun karena padatnya aktifitas maka penggunaan BBM juga semakin banyak. Mengurangi penggunaan kendaraan dapat dilakukan namun kebanyakan masyarakat yang menggunakan mobil paling susah untuk menguranginya sehingga BBM yang dibutuhkan terus bertambah. Hal ini menyebabkan tips irit BBM mobil sangat diperlukan bagi pengguna mobil dalam kesehariannya.

Tips irit BBM ini dapat dimulai dari lokasi pengisian BBM, yaitu saat pengisian BBM minta petugas untuk tidak menekan tuas selang. Menekan tuas selang dapat mengubah takaran BBM yang diisikan pada tangki sehingga jumlah BBM pada tangki jauh lebih sedikit daripada yang seharusnya. Selain itu juga, pengguna mobil diharapkan mengisi tangkai saat setengah penuh karena akan semakin sedikit udara yang terdapat dalam tangki yang kosong. Itulah sebabnya BBM lebih cepat berkurang saat tangki terlalu kosong sehingga memudahkan BBM menguap dan berkurang jumlahnya dalam tangki. Pengguna mobil dapat menggunakan alat penghemat BBM yang sudah banyak dijual untuk mengurangi penggunaan BBM pada mobil.

Tips selanjutnya adalah ketika ada mengemudi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya BBM tetap irit. Kendarai mobil sesuai dengan batas kecepatan yang telah ditentukan karena BBM akan menurun drastis apabila pengguna mobil mengendarai mobil dengan kecepatan penuh melebihi batas yang ditentukan. Pengguna juga perlu mengatur putaran mesin karena akan berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Selain itu, pengguna perlu memperhatikan jarak antar kendaraan yang lain, tambahan kecepatan tidak bertahap dan tidak menggunakan gigi yang tidak tetap dapat meningkatkan konsumsi BBM.

Tips selanjutnya adalah kondisi dan perawatan mobil. Pengguna mobil perlu membuat mobil lebih ringan dengan mengurangi barang-barang yang tidak perlu dari bagasi karena apabila tidak maka beban berat tersebut membuat mobil lebih lama untuk melaju. Mengganti saringan udara juga dapat dilakukan untuk membersihkan kotoran, efisiensi dan mesin tidak akan berkurang sehingga akan mengurangi penggunaan BBM. Hal lain yang dapat dilakukan untuk menghemat BBM adalah mengisi angin ban sesuai dengan tekanan sehingga kendaraan akan memiliki kecepatan melaju jauh dengan bahan bakar yang digunakan akan sama. Pengguna juga dapat menggunakan oli sintetis karena dapat menghemat penggunaan BBM dan penggantian oli dapat dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

Berdasarkan tips-tips diatas pengguna mobil telah turut menyumbang untuk upaya penghematan persediaan bahan bakar untuk masa depan. Selain itu juga, hal ini akan membantu pengguna mobil untuk mengurangi biaya tambahan untuk bahan bakar. Banyak hal yang dilakukan untuk menghemat namun kembali kepada pengguna mobil untuk bertindak segera. Ini akan menentukan masa depan anak cucu kedepan. Apabila sudah terbiasa akan menjadi kebiasaan untuk irit BBM demi masa depan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *