Tips Cerdas untuk Memilih Ban Mobil yang Terbaik

Ban adalah bagian terpenting dari berbagai kendaraan yang ada. Hal ini dikarenakan ban memiliki hubungan langsung dengan keamanan dan kesehatan para pengemudinya saat berkendara. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih ban terbaik untuk mobil Anda. Jika Anda tidak memilih ban terbaik, maka kendaraan Anda pun dapat cepat rusak dan keamanan serta kesehatan Anda tidak akan terjamin. Setelah memilih ban terbaik, pastikan jika kondisinya dalam keadaan prima dan sering-seringlah memeriksa serta mengganti ban Anda dalam waktu yang sudah ditentukan. Berikut adalah beberapa tips cerdas untuk memilih ban yang tepat untuk mobil Anda.

  • Mengetahui Hal Detil Tentang Ban

Untuk memilih ban yang tepat, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah tipe dan ukuran ban tersebut. Pilihlah ban yang sesuai dengan desain yang dibuat dan jenis mobil apa yang Anda miliki. Selain itu, pilihlah ban yang seukuran dengan velg Anda karena yang dapat terpasang dengan baik adalah ban terbaik untuk Anda. Perhatikan juga lebar ban tersebut, jika ban semakin lebar, maka cengkeramannya juga semakin baik. Tapi hal ini dapat mempengaruhi tenaga yang dihasilkan mobil Anda. Maka itu Anda perlu memutuskan dengan bijak ban apa yang cocok untuk mobil Anda.

  • Pola Ban

Untuk mendapatkan ban terbaik untuk mobil Anda, perhatikan juga pola ban tersebut. Alur V sangat dianjurkan untuk daerah yang sering hujan karena alur ini mempunyai cengkeraman yang lebih baik dari yang lainnya dan sangat cocok digunakan untuk yang sering melewati mau pun tinggal di tempat dengan curah hujan yang tinggi. Untuk yang bertempat tinggal didaerah yang tropis atau yang jarang hujan, ban terbaik adalah yang mempunyai banyak guratan. Semakin tegas guratannya, maka semakin besar pula gaya geseknya. Jika ban guratan pada ban mobil sudah halus atau nyaris menghilang, maka ada baiknya Anda segera mengganti ban itu.

  • Ketebalan Ban

Ketebalan ban juga sangat penting untuk dipertimbangkan saat memilih ban mana yang paling baik untuk Anda. Ban yang memiliki ketebalan 40 sampai 50 ini kurang baik jika digunakan meskipun akan membuat tampilan mobil menjadi lebih keren. Jika ban tidak memiliki ketebalan yang cukup, hal ini dapat merusak velg Anda jika digunakan untuk melewati jalan yang tidak rata. Kebanyakan dari produsen ban mobil sudah membuat ban dengan ketebalan yang normal dan berkualitas baik pada saat ini.

  • Tahun Pembuatan Ban

Tahun pembuatan ban juga menjadi hal yang harus diperhatikan saat memilih ban untuk mobil Anda. Ban yang baik adalah ban yang dibuat tidak lebih dari 6 sampai 12 bulan dari pembuatannya. Hal ini bisa Anda lihat dengan memperhatikan kode ban yang biasanya tertulis bersamaan dengan lebar ban, rasio ketebalan ban, limit kecepatan dan diameter velg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *