Tips Aman Membeli Mobil Baru yang Perlu Diperhatikan Bagi Pemula

Penjualan mobil di Indonesia terbilang mengalami peningkatan yang sangat tajam. Hal ini seiring juga dengan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah. Kebutuhan mobil untuk mempermudah mobilitas kerja serta tuntutan gaya hidup membuat seseorang berupaya membeli kendaraan roda empat ini. Namun, perlu diperhatikan bahwa untuk membeli mobil tidak cukup hanya sekedar mempunyai uang saja. Kita harus mempunyai pengetahuan agar setidaknya tidak mengalami kekecewaan di kemudian hari.

Bagi pemula yang belum pernah memiliki mobil sebelumnya, hal ini tentu sangat sulit untuk menentukan mobil mana yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu ada beberapa tips-tips membeli mobil berikut ini yang bisa Anda terapkan:

 

  • Alasan membeli mobil.

Dengan mengetahui alasan Anda membeli mobil tentu akan memudahkan dalam menentukan mobil yang sesuai. Misalnya Anda membutuhkan mobil untuk mengangkut barang, maka pilihan mobil pick up sangat tepat. Beda lagi jika Anda membutuhkan mobil untuk keluarga, pilihan mobil dengan jenis MPV bisa dijadikan solusi.

 

  • Menyiapkan dana.

Melihat harga mobil yang bisa dikatakan sangat mahal, maka Anda harus bersiap dengan dana yang diperlukan dari jauh-jauh hari. Anda bisa memilih untuk membeli dengan secara tunai maupun kredit. Untuk kredit tentu Anda hanya harus menyiapkan uang untuk DP (Down Payment). Rata-rata dealer mobil memberikan DP yang cukup rendah sekitar 10-20 %. Jika berniat membeli secara tunai, lakukan penawaran agar mendapatkan harga yang relatif lebih murah.

 

  • Mencari informasi mobil.

Anda bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber, mulai dari majalah otomotif, internet, situs-situs jual beli mobil, maupun survei langsung ke dealer-dealer.

 

  • Tempat servis dan suku cadang mobil yang dipilih.

Memilih mobil tanpa dilengkapi dengan suku cadang akan menyusahkan Anda ke depannya. Untuk itu pilihlah mobil dengan tempat servis dan suku cadang yang tersebar luas di sekitar kita, sehingga mudah untuk melakukan perbaikan mobil sewaktu-waktu.

 

  • Biaya pemeliharaan.

Biaya pemeliharaan disini meliputi biaya untuk bahan bakar, perbaikan kecil, hingga pembayaran pajak tahunannya. Pajak mobil memang terbilang cukup mahal, tergantung dari tahun keluar mobil, merk, kemampuan mesin, dll. Untuk itu penting bagi Anda mencari tahu terlebih dahulu biaya pemeliharaan mobil supaya tidak kewalahan nantinya.

 

  • Layanan purna jual.

Layanan purna jual akan sangat bermanfaat saat mobil mengalami masalah, karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal saat perbaikan di bengkel.

 

  • Test drive.

Melakukan test drive wajib dilakukan untuk mengetahui kondisi mobil, mulai dari kenyamanannya saat dipakai, akselerasi mobil, performa mobil, dlsb, terlebih jika Anda membeli mobil baru.

 

  • Memperhatikan PPnBM.

Anda harus lebih teliti untuk permasalahan PPnBm terlebih jika membeli mobil baru.

 

  • Mencari lembaga pembiayaan yang terpercaya.

Lembaga pembiayaan yang terpercaya akan membantu Anda dalam memahami teknis pembayaran dan suku bunga sehingga Anda akan mendapatkan mobil dengan penawaran yang terbaik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *