Simak Langkah-langkah untuk Mengecek Mesin dengan Benar dan Tepat

Sudah lumrah apabila masyarakat khawatir membeli mobil bekas karena tidak mengetahui bagaimana pemakaian pengguna sebelumnya. Mereka lebih memilih membeli mobil baru dengan harga dua kali lipat lebih mahal demi mendapatkan mesin yang baru. Ada pula sebagian orang yang hobi membeli mobil bekas yang penampilan luarnya sangat baik, padahal belum tentu kondisi mesin juga sebaik itu. Sebagai orang awam, kita sebenarnya perlu mempelajari sedikit demi sedikit pengetahuan mengenai mesin mobil.

Setiap hari di Indonesia, jumlah kendaraan khususnya mobil semakin meningkat pesat. Hal ini mungkin dikarenakan tidak nyamannya masyarakat mengendarai kendaraan umum yang sudah disediakan pemerintah dan memilih untuk membeli kendaraan pribadi. Namun, merk masih menjadi momok tingginya harga mobil sehingga tidak semua orang bisa membeli mobil baru dan tidak masalah memilih mobil bekas.

Tidak masalah membeli mobil bekas, meskipun beberapa orang tidak percaya dengan kualitas mesin mobil. Banyak pembeli yang terkecoh apalagi didukung dengan akal-akalan penjual. Memang tidak semua penjual seperti itu, tetapi penting bagi kita agar tidak merugi. Sudah menandatangani surat penjualan, ternyata mobil yang dibeli memiliki banyak kekurangan dan akhirnya membutuhkan dana lagi untuk memperbaiki. Dana yang dibutuhkan untuk setiap onderdil mobil tidaklah murah dan jika dihitung-hitung kumulatif harga mobil dan perbaikan bisa digunakan untuk beli mobil city car berukuran kecil. Inilah langkah-langkah mengecek keadaan mesin mobil:

  • Ruang Mesin.

Buka terlebih dahulu kap mesin. Perhatikan jika ruang mesin catnya beda dengan mobil lainnya, itu tandanya pernah mengalami benturan dan butuh penurunan mesin.

  • Kondisi Mesin.

Cek mur dan baut pada mesin. Jika ada perembesan oli, segera klarifikasi ke penjual dan lebih baik jangan memilih mobil tersebut.

  • Starter Mobil.

Mobil yang masih baik jika di starter tidak mengalami kendala karena aki masih sehat.

  • Indikator dan speedo meter.

Cek setiap lampu indikator apakah ada yang mati. Kemudian pastikan jarum RPM masih normal (naik turun jika di gas).

  • Suara Mesin.

Saat starter, dengarkan apakah ada suara gesekan besi di dalam mobil.

  • Knalpot.

Perhatikan apakah ada tetesan air di knalpot, karena itu menandakan mesin masih baik.

  • Test Drive.

Saat test drive, jangan lakukan terburu-buru. Lakukan dengan durasi agak lama agar bisa cek keseluruhan (kopling, gas, rem).

Selain cek mesin dan komponen dalam lainnya, cek juga bagaimana kondisi eksterior. Apakah terdapat goresan, atau cat tambahan karena pernah mengalami tabrakan sebelumnya. Selain itu, cek bagian pintu, jendela, dan kaca. Pastikan semua masih dalam kondisi baik, meskipun tidak sebaik mobil yang baru seperti di showroom. Apabila Anda ragu, bisa didampingi tenaga jasa cek mesin mobil sehingga Anda tidak perlu ragu akan kualitas mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *