Simak 4 Tips Ini Saat Membeli Mobil Setengah Pakai Agar Tak Kecewa

Kendaraan roda empat atau yang lebih akrab kita sapa dengan sebutan mobil adalah jenis kendaraan paling nyaman. Pastikan ketika akan membelinya sudah memilih dengan tepat, yakni disesuaikan dengan kebutuhan namun tidak melenceng dari anggaran yang ditetapkan. Memang rumit karena saat menentukan pilihan idealnya memang tetap berpegangan pada kebutuhan namun jangan sampai terlalu mahal. Kalau memang anggaran masih kurang ada baiknya menilik mobil bekas yang harganya cenderung ekonomis, yang tentunya lebih mudah dijangkau.

Mobil bekas atau setengah pakai menjadi alternatif yang tetap menarik untuk dipertimbangkan, sebab ketika ada istilah ‘bekas’ tidak melulu berkaitan dengan rongsokan. Tidak sedikit mobil bekas yang dijual dalam kondisi bodynya mulus dan masa garansinya masih berlaku. Nah, agar tidak tertipu ketika menjadikannya pilihan simak beberapa tips ini:

  • Berkunjung ke dealer mobil bekas terpercaya,

Mobil bekas kini sudah tersedia di dealer namun dealer khusus yang menjajakan mobil setengah pakai. Kalau Anda menjadikan dealer sebagai tujuan memang menguntungkan karena pilihannya banyak dan kondisinya mulus-mulus. Namun pastikan dealer terpercaya supaya tidak membeli mobil yang mesinnya soak atau suratnya tak lengkap.

  • Mencari dulu penjual tangan pertama,

Berkunjung ke dealer khusus mobil bekas memang membantu mendapatkan pilihan lebih banyak, sehingga puas dalam menentukan pilihan. Akan tetapi resikonya adalah mendapatkan harga pasaran atau kadang sedikit di atasnya. Maka sebagai langkah berhemat namun tetap mendapatkan mobil bekas dengan mutu terjamin cari penjual tangan pertama. Kunjungi situs jual beli atau bertanya ke tetangga untuk mendapatkan rekomendasi orang yang menjual mobilnya, dijamin lebih murah meski wajib lebih teliti.

  • Pastikan dicoba dulu,

Mobil setengah pakai tentunya memiliki banyak kekurangan jika dibandingkan dengan mobil yang belum pernah dipakai sama sekali. Salah satu kekurangannya adalah kondisi mesin yang sulit untuk diprediksi kondisinya seperti apa. Ketika ingin mendapatkan mobil bekas yang berkualitas maka wajib untuk dicoba dulu, istilahnya adalah test drive. Tindakan ini akan membantu meyakinkan Anda mendapatkan mobil dengan mesin terbaik, sehingga tidak sekedar keluar uang namun puas dengan mobil yang didapatkan.

  • Surat mobil masih lengkap,

Mengecek surat-surat mobil sangat penting untuk memastikan mobil tersebut adalah mobil legal, bukan curian atau mungkin dijual kosongan. Sebab bisa jadi mobil bekas dijual tanpa surat lengkap karena pemilik pertamanya kehilangan surat-surat tersebut. Namun tetap kurang logis karena si pemilik bisa mengurus surat-suratnya dulu baru dijual, paling logis adalah mobil tersebut hasil menjarah atau colongan. Maka jangan sampai terjadi Anda membeli mobil seperti ini karena tidak akan dipakai bepergian apalagi keluar kota, pastikan suratnya sudah lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *