Rahasia Ampuh Merawat dan Membersihkan Dashboard Mobil Supaya Lebih Awet

Mempunyai segala sesuatu supaya lebih awet atau tahan lama tentunya harus dilakukan pemeliharaan dengan baik. Seperti jika Anda mempunyai mobil kesayangan, cara perawatannya tidak hanya dilakukan dari luar saja tetapi juga bagian dalam. Seperti yang diketahui bahwa kenyamanan berkendara itu didukung oleh tingkat kebersihan mobil juga. Sekarang bisa Anda bayangkan sendiri jika mobil dalam keadaan kotor, baik interior maupun eksterior tidak pernah terawat sama sekali pasti tidak memberikan rasa percaya diri saat menggunakan. Selain itu saat berkendara dalam perjalanan jauh tentunya juga tidak membuat nyaman.

Banyak orang berfikir bahwa perawatan luar itu lebih penting karena itu merupakan tampilan yang banyak dilihat orang. Padahal dalam kenyataannya baik dalam maupun luar itu sama-sama pentingnya, apalagi dashboard. Jika Anda salah saja melakukan pemeliharaan tentu tidak akan bertahan lama, entah kondisi fisik seperti warna ataupun lainnya. Nah, berikut ini ada beberapa tips perawatan dashboard mobil Anda supaya bertahan lama yaitu:

  • Bersihkan dari debu.

Pertama adalah rutin melakukan pembersihan dashboard dari berbagai debu yang menempel setiap harinya. Sebelum Anda membersihkan alangkah baiknya jika menyingkirkan terlebih dahulu berbagai barang yang berada diatas permukaannya. Taruh dalam sebuah tempat dan jauhkan dari mobil. setelah itu Anda bisa menggunakan kemoceng atau lap setengah basah supaya debu menempel pada lap tersebut.

  • Gunakan sedikit cairan.

Untuk mendapatkan kondisi dashboard yang terus mengkilap Anda bisa menggunakan suatu cairan khusus. Atau bisa juga menggunakan shampoo khusus mobil, tidak disarankan menggunakan sabun cuci ataupun detergent aktif lainnya. Anda bisa menggunakan lap ataupun kuas dan ratakan ke seluruh permukaan.

  • Manfaatkan lapisan pelindung.

Jika Anda yakin bahwa permukaan dashboard mobil sudah kering bisa melapisinya dengan menggunakan lapisan khusus. Jika Anda pergi ke toko aksesoris mobil akan terdapat beberapa merk lapisan pelindung dashboard yang dijual dari harga murah sampai dengan yang mahal.

  • Gosok secara perlahan.

Sangat disarankan untuk tidak menggosok atau mengelap dashboard dengan tekanan yang kasar karena dapat membuat memperburuk kondisi. Dan sebelum memberikan lapisan pastikan terlebih dahulu bahwa permukaannya telah kering rata. Karena jika masih basah kemungkinan besar dapat menimbulkan tumbuhnya jamur atau bakteri lainnya dalam mobil.

Dashboard mobil sendiri sering digunakan untuk meletakkan berbagai barang, dari mulai yang penting sampai dengan yang tidak penting. Makanya kalau tidak dilakukan perawatan dengan baik tentu kondisinya tidak mudah rusak, warna memudar atau lainnya. Jadi sebagai pemilik mobil jangan hanya fokus pada kebersihan bagian luar mobil saja tetapi juga beberapa interior yang penting lainnya. Karena semuanya mempunyai faktor pendukung baik untuk penampilan mobil itu sendiri ataupun kenyamanan pengemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *