salah satu bau gosong adalah terlalu dalam menginjak rem

Menilik Apa Penyebab dari Bau Gosong yang Ada Pada Mobil Anda

Pernah mencium bau gosong atau terbakar pada saat memanaskan mobil ataupun saat mengendarai mobil Anda misalnya untuk perjalanan jarak jauh? Bau gosong yang timbul tersebut seringkali dianggap masalah sepele karena gesekan ban akibat sering mengerem sehingga Anda mencium bau gosong. Namun, selain karena masalah rem,

salah satu bau gosong adalah terlalu dalam menginjak rem
salah satu bau gosong adalah terlalu dalam menginjak rem

misalnya karena rem sering di injak atau menginjak pedal rem terlalu dalam sehingga piston rem harus diperiksa ataupun karena lupa untuk menurunkan rem tangan ketika telah menginjak pedal gas, bau gosong yang tercium dari kendaraan roda empat Anda tersebut juga bisa disebabkan karena hal berikut 

Pertama adalah kopling yang hangus. Bagi Anda yang memiliki mobil dengan transmisi manual, maka bau gosong bisa jadi karena adanya kopling yang terbakar ataupun hangus. Kondisi ini bisa disebabkan karena kopling sedang selip saat Anda sedang mengganti gigi. Hal tersebut disebabkan karena bagian permukaan kopling yang terbuat dari bahan yang seperti kertas sehingga mudah terbakar. Cara mengatasinya adalah hindari untuk tidak terlalu sering menekan kopling setengah-setengah ataupun dengan menggunakan kopling secara tepat.

Kedua adalah berasal dari bagian heater mobil. Masalah ini bisa timbul saat Anda sedang berpergian di tempat yang memiliki hawa atau cuaca yang cukup dingin sehingga menyalakan heater untuk menghangatkan badan. Namun, jika Anda terlalu sering menggunakan heater maka benda seperti plastik yang ada di ventilasi atau di bagian pusat heater Anda meleleh sehingga tercium bau gosong dan bisa berakibat fatal jika tidak segera membawa mobil apabila bau gosong semakin parah.

Ketiga adalah konselting yang terjadi pada sirkuit mesin. Bau gosong bisa jadi disebabkan karena plastik yang ada di sekitar kawat, penyambung atau sekring meleleh. Kondisi ini bisa menyebabkan hal yang cukup fatal sebab bisa menyebabkan mesin mobil Anda menjadi mati total apalagi Anda tidak bisa untuk memperbaikinya dengan benar. Karena hal tersebut, untuk mengatasi kerusakan yang semakin parah, maka sebaiknya Anda membawa mobil Anda tersebut ke bengkel terdekat agar sistem kelistrikan bisa segera diperbaiki dan Anda bisa mengendarai mobil Anda sesegera mungkin.

Keempat adalah masalah oli yang terbakar. Bau gosong yang terjadi pada mobil disebabkan juga karena oli yang bocor kemudian tumpah ke bagian knalpot yang panas sehingga menyebabkan bau terbakar atau gosong karena oli yang terbakar. Saat mengendarai mobil Anda, mungkin Anda tidak akan mencium bau gosong tersebut namun, saat Anda sudah keluar dari mobil, bau gosong akan tercium apalagi di sekitar knalpot. Kondisi ini bisa saja terjadi saat Anda sedang berkendara dengan menggunakan mobil Anda di tempat yang memiliki tanjakan dan knalpot mobil sedang dalam suhu yang paling tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *