Mengulas Tentang Beberapa Penyebab Terjadinya Kebakaran Pada Mobil

Mobil merupakan sarana transportasi yang diharapkan bisa membawa Anda dan penumpang lainnya ke tempat tujuan dengan lebih cepat, nyaman dan aman. Namun penggunaan mobil dengan cara yang salah atau kesalahan dalam perawatannya juga bisa menyebabkan bahaya. Selain kecelakaan yang sering terjadi, ada juga bahaya lain yang bisa menimpa kendaraan bermotor roda empat ini. Bahaya tersebut adalah kebakaran mendadak yang bahkan bisa menyebabkan ledakan sehingga penumpang di dalam tidak sempat keluar dari dalam mobil. Kondisi tersebut pastinya sangat berbahaya dan tidak diharapkan oleh semua penumpang, karenanya sebagai pemilik mobil, kenali penyebab terjadinya kebakaran mobil seperti yang akan diuraikan di bawah ini.

Ada 3 faktor yang perlu Anda ketahui sebagai material yang bisa memicu terjadinya api yaitu adanya oksigen di dalam mobil ataupun di luar mobil. Kemudian adanya sumber api yang memicu terjadinya ledakan. Kemudian perlu diingat juga bahwa mobil memiliki bahan bakar yang akan menyuplai tenaga untuk percikan api agar menjadi besar. Dengan adanya ketiga material di atas, sangat memungkinkan terjadinya kebakaran di dalam mobil jika ada penyebabnya. Lalu apa saja penyebab kebakaran yang sering ditemui di kejadian nyata? Berikut ini adalah penyebab yang paling sering terjadi di sekitar kita.

  • Kelistrikan yang longgar.

Semua mobil memiliki kelistrikan yang digunakan untuk menghidupkan mobil secara otomatis. Jika ada sekring kelistrikan yang longgar, hal tersebut bisa memacu terjadinya percikan api. Begitu juga jika terjadi konsleting listrik akibat tidak betulnya penerapan kabel di dalam mobil.

  • Kebocoran bahan bakar dan oli.

Oli juga merupakan bahan bakar untuk api sehingga tangki bahan bakar dan oli beserta salurannya harus dipastikan dalam keadaan baik sehingga tidak memungkinkan terjadinya kebocoran. Kebocoran sedikit pada bahan bakar yang kemudian bertemu dengan panas atau percikan api akan sangat membahayakan karena bisa menimbulkan ledakan.

  • Faktor luar.

Faktor luar juga bisa menjadi penyebab mobil terbakar misalnya mobil berada di dekat api atau mobil tertimpa gardu listrik sehingga terbakar. Kecelakaan dengan kendaraan bermotor lainnya juga bisa mengakibatkan percikan api hingga ledakan.

Dari berbagai penyebab terjadinya kebakaran di atas, ada unsur kelalaian pengguna mobil yang bisa Anda minimalisir guna memperkecil resiko terjadinya kebakaran pada mobil Anda. lakukan service secara rutin untuk memastikan semuanya terletak pada tempatnya terlebih lagi untuk mengecek ada atau tidaknya kebocoran pada semua saluran dalam mobil. Keahlian pengemudi untuk mengemudikan mobilnya sehingga tidak mengakibatkan kecelakaan juga menjadi point baik untuk memberi rasa aman pada penumpang. Jika Anda melihat ada asap di dalam mobil atau dibagian luar, maka segeralah keluar dan mengeluarkan semua penumpang yang ada agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *