Ketahui Faktor Penyebab Mesin Mobil Mudah Panas Berikut Ini!

Baru saja mengendarai mobil keluar area kompleks tidak lebih dari 5 km, kenapa mesin mobil tiba-tiba panas, ini terlihat karena temperatur suhu mesin menyala. Muncul indikasi jika mesin sudah digunakan lama, padahal semalam tidak digunakan sama sekali. Hal kecil ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena jika tidak segera di tangani oleh bengkel mobil Toyota terdekat, maka kerusakan akan semakin parah.

Ada banyak sekali penyebab mesin mobil bisa panas mendadak, hal pertama yang dilakukan tentu membuka kap mobil. Jika saat dibuka tidak terdapat asap, maka mesin mobil Toyota aman. Lihat pada bagian radiator apakah airnya kurang atau habis, biasanya yang membuat mesin panas pemilik mobil lupa melakukan cek rutin setiap paginya. Bahkan untuk mobil matic dengan teknologi mesin tinggi, menggunakan coller untuk isian radiator. Coller mempunyai sifat mendinginkan mesin, apalagi jika sudah digunakan jarak jauh.

Ternyata masalah yang menjadi penyebab mesin mobil mudah panas bukan hanya air radiator berkurang, berikut ini ada beberapa penyebab lain yang membuat mesin mobil cepat panas:

  • Sumbatan pada selang radiator. Pendingin mesin Toyota adalah radiator, karena itulah mengandung air untuk mempertahankan suhu mesin tetap stabil. Air tidak akan bisa berputar jika terjadi penyumbatan pada selang radiator, hal kecil namun memberikan dampak besar. Mesin mobil yang terlalu panas bisa meledak dan mengeluarkan asap. Selang yang sudah tersumbat dan tidak digantikan membuat radiator cepat rusak karena mengalami peningkatan suhu.
  • Kipas radiator tidak bekerja maksimal. Bukan hanya air di radiator yang bisa mendinginkan mesin, adanya kipas di bagian depan memberikan tambahan menurunkan suhu. Namun tidak demikian jika kipas dalam kondisi kurang maksimal, sistem tidak akan bisa membaca perintah dengan tepat. Misalkan tanpa adanya sensor dari switching tidak sampai dan membuat perputaran kipas biasa saja. Setiap bagian radiator memang jadi penentu pendingin mesin, biasanya terjadi over head paling tepat memeriksa kondisi setiap komponen radiator.
  • Sering mengganti bahan bakar. Mobil akan memiliki tenaga lebih besar jika menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi, untuk bahan bakar premium hanya memiliki oktan 88 sedangkan untuk pertamax memiliki oktan hingga 92. Akan lebih baik dalam sistem pembakaran dan mesin mobil menggunakan pertamax, namun bukan berarti boleh dicampurkan. Ini akan membuat ruang pembakaran tidak maksimal dan masih menyisakan timbal.
  • Gunakan oli sesuai kebutuhan mobil. Sebelum melakukan penggantian oli mesin secara rutin, periksa terlebih dahulu apa kebutuhan oli mobil. Ini memang mengurangi penyebab overheating pada mesin, untuk mobil Toyota bisa menggunakan oli mesin biasa namun harus memperhatikan waktu pergantian oli agar tidak terjadi kekentalan dan membuat mesin mobil cepat panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *