Kenali Dulu Keunggulan dan Kelemahan Kredit Mobil Sebelum Mengambilnya

Salah satu kendaraan yang banyak diincar oleh masyarakat masa kini adalah mobil. Hal ini lantaran mobil memang mampu memberikan kenyamanan maksimal sehingga tak heran jika banyak yang mengincar mobil sebagai kendaraan pribadi. Dengan berkendara menggunakan mobil, maka pengendara tak perlu sibuk kepanasan atau kehujanan. Jika memang Anda merasa uang yang dimiliki belum cukup, maka melakukan pembelian dengan kredit pun tidak ada salahnya.

Kredit mobil saat ini merupakan salah satu produk yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini lantaran kredit mobil mampu memberikan kemudahan untuk para peminatnya. Hanya cukup menyiapkan uang senilai 30% dari harga mobil saja, maka Anda sudah bisa membawa pulang dan menggunakan mobil tersebut. Namun sebelum putuskan kredit mobil, ada baiknya pertimbangkan dari segi keunggulan dan kelemahannya, yakni:

  • Keunggulan:
  1. Terkesan ringan dalam pembayaran. Alasannya adalah karena Anda hanya perlu membayar sepertiga saja dari harga mobil asli dan sisanya bisa dibayarkan secara angsuran dan dalam jangka waktu yang cukup panjang.
  2. Uang yang sisanya masih bisa digunakan untuk bisa berputar kembali sebagai modal. Dengan cara ini, maka bisnis bisa jalan namun mobil tetap bisa dimiliki. Dengan cara ini maka Anda bisa mendapatkan dua-duanya sekaligus.
  3. Apabila memang butuh mobil dengan waktu cepat, maka tidak masalah dengan kredit karena bisa dipermudahkan hanya dengan membayar uang muka saja sehingga dirasa tak terlalu berat.
  • Kelemahan:
  1. Kredit mobil akan mampu menambah beban tambahan kepada pengeluaran di tiap bulan. Anda harus membayar cicilan tersebut secara rutin. Belum lagi jika Anda sudah punya hutang lainnya sehingga kian memberatkan.
  2. Harga mobil pun jadi lebih tinggi karena tak hanya membayar seharga mobil saja namun Anda juga dibebankan dengan adanya bunga dan juga biaya lain yang bisa saja muncul.
  3. Secara langsung Anda akan menambah total hutang Anda secara keseluruhan sehingga memang kredit mobil wajib dipertimbangkan.
  4. Mengingat kondisi ekonomi yang seringkali tidak stabil, maka menjadikan kemungkinan Anda tak bisa membayar hutang selalu ada. Oleh karena itu harus siap jika sewaktu-waktu mobil bisa diambil paksa karena alasan ini.
  5. Anda akan terbebani selama masa waktu kredit sehingga kadang banyak sekali orang yang stres karena memikirkan hutang yang jumlahnya pasti tak sedikit ini.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan sistem kredit yang perlu Anda ketahui. Dengan mempertimbangkan dari kedua sisinya, maka akan lebih adil untuk Anda dan bisa berpikir dengan lebih jernih untuk memutuskan. Kredit mobil memang memberatkan jika dilihat sekilas saja, namun jika Anda merasa diri Anda dan keuangan mampu, maka boleh saja melanjutkan keputusan untuk bisa kredit mobil tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *