Kebiasaan Matikan AC atau Musik Sebelum Hidupkan Mesin Mobil, Perlukah?

“Jangan lupa, matikan AC dan musik sebelum hidupkan mobil.” Adalah kalimat yang sering kamu dengar, atau malah kebiasaan itu sudah menjadi ritual bagimu sebelum menyalakan mesin mobil. Lalu, pertanyaannya: ritual itu benar-benar bermanfaat? Silakan simak artikel ini untuk jawabannya.

  • Beban listrik yang diberikan AC kepada aki

Kamu melakukan hal itu, karena percaya bahwa AC dimatikan sebelum start mesin, mampu meringankan beban listrik bagi aki. Jadi, berapa sebenarnya beban yang AC berikan kepada aki untuk mendinginkan kabin mobilmu?
Kamu tidak perlu risau, selama aki yang dimiliki masih baik menampung listrik. Sebab, mobil memiliki alternator yang berfungsi untuk menyuplai listrik ke dalam aki serta mengisi kembali aki. Alternator yang tidak sempurna akan menyebabkan aki menjadi kekurangan suplai listrik. Cara untuk melihat alternator dalam kondisi baik atau tidak, yaitu melihat indikator dengan lambang aki pada dashboard mobil. Jika indikator aki menyala maka alternator tidak dapat bekerja dengan baik atau terjadi masalah pada alternator.

  • Bagaimana dengan musik?

Sebaiknya, cek dulu apakah kamu menambahkan piranti tambahan untuk audio di mobil? Bila iya, pastikan semua terpasang dengan sempurna, serta menggunakan powerbank yang baik pula. Mengapa? Powerbank bisa menyimpan daya untuk audio tambahan dan menjaga suplai listrik terjaga dengan baik. Namun, apakah kebiasaan mematikan AC dan musik ini perlu untuk dilakukan?

  • Tidak perlu, jika kamu memakai mobil yang berusia

Kebiasaan menonaktifkan AC sebelum menghidupkan maupun mematikan mobil sebenarnya hanya berlaku pada mobil-mobil tahun produksi tua. Untuk mobil diatas tahun 2000, tidak perlu dilakukan, mengingat teknologi pada mobil sekarang sudah dirancang sedemikian rupa untuk dapat menyalurkan tenaga listrik secara efisien. Selain itu, dalam buku pedoman pemilik kendaraan sebenarnya juga tidak diharuskan untuk melakukan hal tersebut. Kebiasaan tersebut kemungkinan hanyalah mitos yang sudah dilakukan sejak dulu. Namun, ada baiknya kamu merawat AC mobil dengan cara -seperti dijelaskan poin-poin di bawah ini.

  • Mematikan dalam kondisi diam

Tahukah kamu, banyak pengguna kendaraan roda empat yang tidak tahu bahwa menyalakan atau mematikan AC mobil saat berkendara dengan putaran mesin tinggi itu berbahaya. Jika pengguna mobil sering menyalakan dan mematikan AC mobil dalam waktu berulang kali dalam beberapa jam dan kendaraan tersebut sedang berjalan dengan kecepatan tinggi, karena akan terjadi perubahan putaran mesin dan beban kompresor mendadak besar. Jika dilakukan berulang kali, misalnya dalam waktu 30 menit ketika di jalan tol, kamu lebih dari dua kali mematikan dan menyalakan AC, maka akan terjadi gesekan keras antar pulley dan pressure plate pada kompresor AC. Nantinya komponen magnet clutch di kompresor akan cepat terkikis dan akhirnya rusak. Sehingga, Autogear menyarankan bagi pengguna mobil ada baiknya jika mematikan dan menyalakan AC itu ketika kendaraan dalam posisi diam. Tapi jika kondisinya memang harus menyalakan atau mematikan ketika berjalan maka wajib dilakukan penurunan kecepatan.

  • Lakukan Selalu Servis Berkala Pada AC Mobil

Dengan melakukan servis berkala pada AC akan membuat kamu menjadi lebih mudah dalam melakukan perawatan dan teratur dalam pergantian parts pada sistem pendingin AC mobil kamu. Coba cek mulai dari compresor, receiver dyer, condensor, evaporator hingga freon. Bila perlu perbaiki, jangan ragu. Segera lakukan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *