Jadikan Mobil Anda Selalu Prima dengan 4 Perawatan Sederhana Berikut Ini!

Punya mobil tentu menjadi kemampuan yang wajib disyukuri mengingat masih banyak orang yang ingin berada di posisi Anda namun masih sulit untuk mencapainya. Hal ini terjadi karena memang harga satu unit mobil jauh untuk bisa dikatakan murah maka jangan heran jika tidak semua orang bisa dengan mudah memilikinya. Ketika membelinya bisa jadi Anda sudah melakukan usaha ekstra untuk menabung dan mencari dealer yang tepat supaya mendapatkan harga terbaik. Langkah selanjutnya adalah merawat mobil tersebut dengan seksama agar awet.

Perawatan pada mobil menjadi rutinitas wajib yang dilakukan oleh semua pemiliknya jadi sebelum dibeli ketahui dulu perawatan yang dibutuhkan apa saja. Secara umum untuk menjadikan mobil awet Anda bisa melakukan perawatan sederhana berikut ini:

  • Memastikan tangki bensin selalu penuh,

Sebagian besar pemilik mobil jarang sekali mengisi bensin hingga tangkinya penuh, padahal dianjurkan sekali untuk dilakukan. Mengapa? Sebab ketika tangki bensin ini tidak terisi penuh maka bagian atas tangki akan mudah berkarat dan terjadi penumpukan kotoran. Supaya mesin mobil terawat baik dan awet usahakan mengisi penuh tangki bensinnya.

  • Rutin ganti sparepart yang original,

Mobil yang tidak pernah dipakai cenderung lebih mudah berubah menjadi rongsokan ketimbang yang rutin dipakai. Entah rutin atau tidak dipakainya usahakan untuk memperhatikan kondisi sparepartnya dengan service rutin ke bengkel. Setiap kali mekanik memberitahu butuh penggantian sparepart tertentu usahakan untuk selalu menggunakan yang original. Sebab komponen original dijamin pas sehingga mudah dipasang, lebih awet pula karena terbuat dari material berkualitas sehingga mesin performanya terjaga

  • Pilih oli terbaik dan rutin ganti oli,

Setelah menggunakan sparepart original untuk menjaga mesin tetap awet maka langkah selanjutnya adalah merawat sparepart tersebut agar tidak mudah aus. Salah satunya dengan rutin mengganti oli sebab berfungsi sebagai pelumas diantara semua komponen mesin. Usahakan pula untuk memakai oli dengan kualitas yang bagus dan memang oli baru bukannya bekas. Asalkan olinya berkualitas maka daya lindungannya lebih baik sehingga mesin mobil akan lebih awet, tidak mudah aus dan tidak pula mudah panas. Menjalankan mobil yang demikian dijamin terasa nyaman dan aman.

  • Memanaskan mesin mobil setiap hari,

Mobil yang Anda miliki bisa jadi lebih dari satu, dan kalaupun hanya satu bisa jadi tidak terlalu sering digunakan. Entah akan diajak bepergian atau tidak usahakan mobil tersebut tetap dipanasi mesinnya untuk memastikan semua sistem berfungsi dengan baik. Kalau sampai terlupa dan jika lebih dari sehari maka bisa jadi akan muncul kerusakan pada salah satu komponennya. Hindari dan cegah kemungkinan tersebut dengan selalu memanaskan mesin mobil, meski hanya lima menit namun efeknya sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *