Inilah Beberapa Hal yang Bisa Menyebabkan Mobil Kurang Bertenaga

Setiap mesin mobil, pada dasarnya akan mempunyai spesifikasi serta kualitas yang berbeda-beda. Akan tetapi, setiap spesifikasi yang dimiliki setiap mesin akan dapat menghasilkan kinerja mesin yang optimal jika semua sistem bekerja dengan benar. Jika sistemnya bekerja dengan abnormal, akan mengakibatkan kinerja mesinnya tidak bisa secara maksimal. Dan biasanya mesin tidak menjadi bertenaga seperti biasanya.

Khusus untuk mesin, pemakaian pada bahan bakar adalah salah satu faktor yang bisa menambah daya pada komponen mesin mobil, saat mesin tersebut sedang dioperasikan. Jika bahan bakarnya bagus kualitasnya, maka akan sangat mempengaruhi dalam menghasilkan daya komponen mesin mobil yang optimal. Saat melakukan perjalanan jauh, dan lama kelamaan tenaga kendaraan berkurang, bisa dipastikan bahwa terdapat kelainan pada bagian mesinnya.

Biasanya akan dirasakan oleh orang yang mengemudi kendaraan tersebut. Karena pasti akan ada perbedaan dengan saat mobilnya masih berjalan dengan lancar. Maka dari itu, sebaiknya pahami beberapa hal yang bisa menyebabkan kinerja mobil Anda menjadi kurang bertenaga. Agar bisa melakukan perawatan pada mesin secara tepat. Jika sudah mengetahui penyebabnya, Anda akan bisa untuk lebih berhati-hati lagi.

Faktor yang biasanya menjadi penyebab berkurangnya tenaga mesin mobil adalah sebagai berikut:

  • Filter udara kotor. Filter udara pada kendaraan berfungsi sebagai penyaring udara dari segala macam kotoran. Jika pori-pori nya pada filter tersebut tersumbat oleh beberapa kotoran, maka akan menjadi penyebab mobil ngebul. Maka dari itu, selalu periksa filter penyaring udaranya agar tidak tersumbat.
  • Overheating mesin. Mesin akan mengalami overheating jika sistem pendingin kendaraan tidak bekerja secara optimal. Dan bisa menyebabkan mesin memuai. Jika bagian piston sudah memuai, tentu akan menyebabkan gerakan mobil semakin berat. Karena itulah tenaga mobil tersebut menjadi berkurang.
  • Pengapian bermasalah. Pengapian yang bermasalah bisa disebabkan oleh kerusakan pada kabel busi. Pengapian sangat menentukan tenaga pada kendaraan, karena sangat berhubungan dengan proses pembakaran.
  • Turbo vane bermasalah. Komponen ini berfungsi sebagai pengatur boost pressure. Jika tidak diatur, maka bisa mengakibatkan over boost, atau suplay udaranya berlebihan. Sehingga dapat meningkatkan rasio kompresi. Akibatnya mesin bisa overheating atau knocking.
  • Kopling habis. Ketika Anda melakukan sebuah perjalanan pada jalan yang menanjak, maka cara yang digunakan adalah menggunakan setengah kopling. Hal itu bisa menyebabkan terjadinya gesekan antara pressure plate dengan plat kopling, sehingga menjadi cepat aus.

Itulah beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab dari kurangnya tenaga pada mesin mobil Anda. kenali beberapa penyebab tersebut agar saat Anda melakukan perjalanan jauh terhindar dari kurangnya tenaga mesin kendaraan, sehingga dapat menghambat perjalanan Anda. apalagi jika perjalanannya pada jalan yang sangat naik. Maka dibutuhkan tenaga yang sangat maksimal dari mobil tersebut. Jadi pahami beberapa hal yang menjadi penghambat perjalanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *