Ini Dia Kiat Merawat Mobil yang Jarang Digunakan

Mobil merupakan barang mewah yang banyak dijadikan koleksi oleh kalangan masyarakat tertentu. Umumnya mobil yang hanya digunakan sebagai koleksi tersebut jarang dipakai karena harganya yang mahal atau kondisi jalan yang tidak sesuai dengan kondisi mobil tersebut. Contoh jenis mobil yang jarang digunakan dan hanya untuk koleksi saja adalah mobil antik, mobil sport atau mobil mewah lainnya. Namun meski hanya sebagai koleksi saja, tetapi mobil tetap memiliki komponen seperti mesin dan sebagainya yang membutuhkan perawatan sehingga tetap dapat difungsikan sewaktu-waktu. Lalu bagaimana cara merawat mobil yang jarang digunakan tersebut? berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika memiliki mobil jarang dikeluarkan dari garasi.

  • Cuci mobil.

Mencuci mobil meski tidak atau jarang digunakan tetap diperlukan agar debu yang menempel saat masa penyimpanan menjadi hilang. Tumpukan debu juga bisa mengakibatkan terjadinya noda yang sukar dihilangkan jika tidak dilakukan pencucian secara rutin. Oleskan oli bekas pada bagian bawah mobil kemudian tutupi mobil dengan cover agar terlindung dari debu atau sinar matahari langsung.

  • Mengisi bensin hingga full.

Meski tidak digunakan namun sebaiknya Anda mengisi bensin mobil hingga penuh. Hal ini untuk mencegah terjadinya korosi pada tangki yang bisa berakibat kebocoran tangki.

  • Kondisikan parkir dengan benar.

Usahakan Anda memarkir mobil dengan keadaan landai sehingga tak perlu menggunakan rem tangan dalam waktu yang lama. Pemakaian rem tangan secara terus menerus akan membuatnya cepat aus. Jika perlu, gunakan penahan ban agar mobil tidak bergeser dari posisi semestinya. Tetapi jika hanya digunakan untuk pameran yang sementara, penggunaan rem tangan diperbolehkan.

  • Cabut kabel aki.

Agar tidak ada arus listrik yang terus mengalir selama mobil tidak difungsikan, cabutlah kabel negatif pada aki mobil Anda. Dengan begitu selain akan menghemat aki, mobil juga akan lebih aman selama pameran atau ketika disimpan di garasi.

  • Tutup lubang knalpot.

Pernah terjadi kasus binatang yang menggunakan lubang knalpot untuk bersembunyi selama kurun waktu yang lama sehingga mengakibatkan kerusakan saat akan digunakan. Untuk mencegah hal tersebut, tutuplah lubang knalpot menggunakan kain atau material lainnya agar tidak ada benda asing yang bisa masuk ke dalamnya.

Tips di atas bisa Anda lakukan pada berbagai jenis mobil apapun dari mobil komersil hingga mobil mewah. Gunakan penutup body mobil atau cover mobil sesuai dengan jenisnya seperti pada mobil Avanza dimana cover mobil Avanza mudah didapatkan di berbagai toko aksesoris mobil. Beberapa hari sekali lakukan pemanasan mesin sehingga mesin tidak mengalami kebekuan dan bisa dinyalakan setiap saat meski tidak digunakan untuk berjalan meninggalkan garasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *