Ingin Kredit Mobil? Pilih Syariah Atau Konvensional? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Perkembangan di dunia perbankan yang berada di Indonesia pada dasarnya begitu pesat. Hal tersebut ditandai dengan begitu banyaknya bank serta jangkauan bank yang menjadi lebih luas. Bahkan sekarang ini sudah mencapai daerah yang bisa dikatakan jauh dari perkotaan. Hal ini sudah pasti sangat menggembirakan, apalagi geliat ekonomi bukan hanya terjadi di wilayah perkotaan namun di wilayah lain. bukan hanya jumlah saja yang meningkat tetapi layanannya juga semakin bertambah. Sekarang ini kita menjadi semakin mudah menemukan perbankan syariah.

Layanan perbankan yang diberikan oleh bank syariah bisa digolongkan cukup lengkap, kita bisa dengan mudah mengakses seluruh layanan yang berada di bank konvensional. hal ini adalah kabar yang menggembirakan. Dengan begitu banyaknya layanan tersebut, kita dapat melakukan sejumlah transaksi keuangan dan memenuhi seluruh kebutuhan yang berada di dunia perbankan. Salah satu fasilitas yang banyak dimanfaatkan adalah kredit mobil.

Pengajuan kredit mobil ini bukan hanya kredit mobil baru namun kredit mobil bekas juga bisa dibeli dengan cara kredit. Pengajuan ini diikuti dengan sejumlah syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh bank. sekarang ini bank syariah dan konvensional sama-sama mempunyai produk kredit mobil dalam layanan mereka. Untuk kredit mobil bank konvensional, jenis kredit mobil ini mudah ditemukan di lingkungan kita. Jenis ini banyak digunakan karena hampir semua bank memberikan produk ini. pada umumnya, bank hanya memberikan layanan kredit untuk mobil saja, dalam pengajuannya suku bunga berdasarkan pada suku bunga pasar.

Bagaimana dengan kredit mobil syariah? kredit mobil syariah merupakan kredit untuk pembelian kendaraan yang menjadi program unggulan bank syariah. Untuk kredit mobil ini didasari pada sistem bagi hasil dan tidak bergantung dari besaran suku bunga pasar. Dalam masa ini, biasanya nasabah melakukan nego profit dengan bank, biasanya hal ini untuk menentukan presentase yang besarnya sudah dipatok secara khusus oleh bank.

Berikut beberapa pertimbangan sebelum memilih kredit mobil di bank syariah atau konvensional, antara lain:

  • Suku bunga. KKB konvensional bisa dikatakan menguntungkan karena kita bisa memilih waktu pengajuan kredit yang paling tepat dengan melihat suku bunga saat itu, pengajuan kredit yang menggunakan suku bunga pasar baik dilakukan ketika suku bunga sedang stabil. Untuk syariah tidak menggunakan suku bunga kredit, namun bagi hasil,
  • Besaran cicilan. Banyak KKB secara konvensional dijalankan dengan cara bunga mengambang, suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai bunga pasar. Hal ini akan membuat cicilan Anda mengalami kenaikan dan penurunan. Sedangkan untuk syariah dari awal memang tidak menggunakan bunga, dengan demikian cicilan akan selalu sama,
  • Biaya. Untuk konvensional akan mengenakan sejumlah biaya dan biaya denda, sedangkan untuk KKB syariah tidak menggunakan denda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *