tips mengecek oli mobil

Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memutuskan untuk Mengganti Oli Kendaraan

Bagi pemilik kendaraan bermotor, mengganti oli merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan pada jangka waktu tertentu. Sedangkantips mengecek oli mobil ini merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan agar kendaraan bermotor Anda tetap dalam keadaan yang aman serta nyaman bagi para pengendaranya. Sedangkan untuk melakukan pergantian oli itu sendiri pun juga tergantung pada pemakaian serta daya tahan pada oli itu sendiri.

Sedangkan pemakaian kendaraan setiap hari ini pun juga tidak selamanya oli akan berada dalam keadaan yang baik, karena semakin sering kendaraan bermotor digunakan maka kondisi pada oli pun juga akan berkurang akibat dari pembakaran serta gesekan gear maupun part yang ada pada molekul oli itu sendiri, sehingga hal inilah yang menjadikan para pengendara atau pemilih sepeda motor haruslah melakukan pergantian oli secara rutin.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa melakukan pergantian oli pada kendaraan bermotor itu sendiri tentunya juga tidaklah sembarangan, karena dalam hal melakukan pergantian oli ini pun tidak dianjurkan apabila Anda mengganti oli dari merk oli yang berbeda-beda, Karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan bermotor milik Anda. meskipun hal ini dianggap sebagai hal yang biasa dan sepele yang sering kali diabaikan oleh para pemilih kendaraan bermotor, akan tetapi apabila hal semacam ini dibiarkan maka akan berdampak buruk pula pada kendaraan Anda.

Berikut ini ada beberapa dampak buruk yang sering mengganti oli kendaraan dari merk yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Mesin akan menjadi panas. Hal ini sering terjadi karena kandungan yang ada pada oli baru dengan oli yang lama belum tentu sama, sehingga dapat menimbulkan panas pada mesin kendaraan.
  2. Tidak hanya berdampak pada mesin saja, akan tetapi juga akan berdampak pada gear yang ada di dalam mesin yang menjadikan kendaraan mengalami gesekan sehingga kendaraan pun akan mengalami overhead.
  3. Senyawa yang bercampur dengan oli yang baru ini pun juga dapat menimbulkan kerak, apabila kerak ini terus bertumpukan, maka hal ini dapat menyebabkan performa pada mesin menjadi menurun, dengan begitu maka kendaraan yang Anda kendaraan pun tidak lagi nyaman.

Memiliki kendaraan bermotor yang nyaman dan aman untuk di kendarai tentu saja menjadi suatu hal yang sangatlah menyenangkan. Namun menjaga performa kendaraan bermotor milik Anda agar tetap terjaga dengan baik sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang mudah, karena Anda dapat untuk mengganti oli kendaraan secara rutin dan jangan sesekali mengganti oli dari merk yang berbeda serta Anda dapat untuk menservice kendaraan Anda secara rutin, terlebih lagi bagi Anda yang sering menggunakan kendaraan Anda pada setiap harinya, tentu merawat dan menservicenya pun haruslah rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *