Cara Tepat Untuk Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Mobil

Berkendara dengan mobil memang lebih nyaman dibandingkan dengan sepeda motor. Saat musim hujan tidak perlu memakai jas hujan. Meskipun nyaman terkadang ada beberapa masalah yang muncul dan mengganggu kenyamanan saat mengendarai mobil misalnya bau apek di dalam mobil. Bau apek dalam mobil bisa disebabkan karena kondisi dalam mobil yang lembab dan bercampur dengan kotoran yang berasal dari berbagai macam hal.

Untuk menghilangkan bau dalam mobil tidak sekedar menyemprotkan parfum begitu saja. diperlukan langkah yang tepat sehingga bau yang mengganggu dapat hilang dan kembali nyaman dalam mengendarai mobil. Langkah perlu dilakukan adalah pertama pilih parfum yang tepat. Jenis parfum yang disarankan bisa berupa aromaterapi misalnya aroma teh, aroma kopi, aroma kayu-kayuan dan aroma pandan. Selain itu bisa pula berupa spray liquid. Jenis parfum tersebut bagus dan aman digunakan di dashboard mobil yang dekat dengan AC mobil.

Pemilihan parfum dalam bentuk padat sebaiknya dihindari. Hal tersebut dikarenakan parfum dalam bentuk tersebut menyebabkan warna kuning pada interior mobil saat kondisi panas. Jenis parfum padat atau terkadang gel juga bisa menyebabkan adanya kerak disekitar penempatan parfum. Apalagi bila jok mobil terbuat dari kulit sehingga bila ada noda kerak akan lebih sulit dihilangkan.

Langkah selanjutnya setelah memilih parfum yang tepat adalah menyemprotkan parfum pada bagian-bagian mobil yang menjadi sumber bau. Biasanya sumber bau pada mobil berasal dari bawah bangku, bagian belakang mobil, bagasi dan sudut-sudut mobil. Penyemrotan dilakukan dengan merata pada bagian-bagian tersebut sehingga bau yang timbul bisa hilang. Sebelum melakukan penyemrotan buka semua jendela mobil kurang lebih lima menit. Kemudian tutup semua jendela saat dilakukan penyemprotan. Setelah dilakukan penyemprotan buka kembali kurang lebih lima menit dan tutup kembali. Penyemprotan parfum juga jangan berlebihan. Semprotkan parfum secukupnya saja agar bau parfum tidak terlalu menyengat.

Demikian adalah langkah tepat untuk menghilangkan bau pada mobil. Sebaiknya lakukan langkah pencegahan agar tidak timbul bau pada mobil. Langkah pencegahan dapat berupa rutin membersihkan interior mobil secara berkala sehingga kotoran yang mungkin menyebabkan bau bisa hilang sebelum bau mengendap di dalam mobil. Siapkan tempat sampah di dalam mobil sehingga sampah tidak berserakan di lantai mobil. Remahan makanan yang berjatuhan di mobil sebaiknya dibersihkan segera setelah makan dan turun dari mobil. Atau dibersihkan begitu pulang dari bepergian sehingga remahan makanan tidak berjamur di dalam mobil. Apabila dalam minuman atau air tumpah di dalam mobil sebaiknya segera keringkan karena bisa menyebabkan lembab dan tumbuhnya jamur. Jamur tersebut menyebabkan bau apek dan nodanya sulit dihilangkan. Jadi sebelum terjadi masalah yang menganggu kenyamanan berkendara sebaiknya lakukan tindakan pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan interior mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *