Cara Pintar untuk Melacak Mobil yang Hilang dengan Menggunakan GPS

Dewasa ini, tingkat kejahatan sudah meningkat dan setiap harinya tercatat berbagai tindak kriminal di berbagai kota di Indonesia. Salah satu kejahatan yang paling sering dijumpai adalah kehilangan mobil atau pencurian mobil. Biasanya setelah mobil kita hilang, yang bisa dilakukan hanyalah memohon melihat CCTV dan melapor polisi. Tapi pada saat ini, kehilangan mobil dapat dilacak oleh diri sendiri dengan mudah, yaitu menggunakan layanan GPS. Global Position System atau GPS ini adalah seperangkat alat pelacak kendaraan. Dengan menggunakan teknologi ini, pengemudi dapat mengetahui posisi kendaraan itu dengan akurat. Namun tidak semua orang langsung mengerti bagaimana menggunakan alat pelacak tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk melacak kendaraan Anda dengan menggunakan GPS:

  • Menghubungi operator atau call center yang beroperasi selama 24 jam dan melaporkan jika mobil Anda dicuri oleh seseorang dan menjelaskannya. Setelah menghubungi operator dan sudah dicek kebenarannya, maka pemilik mobil akan diberikan beberapa formulir tentang data yang berkaitan dengan GPS yang dimiliki. Setelah operator mengecek kevalidasian data yang Anda berikan, maka dengan segera mereka akan memberikan informasi letak kendaraan Anda pada saat ini atau yang paling baru mereka dapatkan dan diinformasikan melalui layanan GPS dari mobil Anda yang dicuri tersebut.
  • Setelah itu, Anda pun dapat menghubungi polisi atau pihak yang berwajib dan melaporkan adanya kehilangan serta menceritakan kronologis kehilangan mobil tersebut dan memberikan informasi posisi kendaraan Anda yang didapat melalui pelacak GPS tersebut agar lebih mudah untuk menangkap pencurinya. Setelah melapor, kasus ini pun akan diproses oleh kepolisian dan akan ditindaklanjuti oleh mereka. Anda hanya perlu menunggu sampai polisi tiba di tempat Anda berada atau tempat dimana Anda kehilangan mobil tersebut.
  • Setelah polisi sampai ke tempat Anda, maka polisi akan mengejar pencuri itu bersama-sama. Jika posisi pencuri dan polisi sudah berdekatan atau bahkan bertemu, pemilik mobil harus mengirim pesan singkat atau SMS yang berisi format tertentu dan dikirim ke nomor yang tertera dalam pelacak GPS pada mobil Anda. Setelah SMS terkirim, Anda harus menunggu balasan dari pelacak GPS berupa link atau titik koordinat dan dapat dibuka dengan menggunakan ponsel. Setelah terbuka, Ada dapat melihat sebuah pin merah pada map yang dimana menunjukan lokasi dari mobil Anda. Setelah Anda melihat itu, maka mesin mobil pun secara otomatis akan mati dan tidak bisa dinyalakan lagi. Hal itu mempermudah polisi untuk menangkap pencuri mobil tersebut. Dengan adanya teknologi ini, Anda pun tidak perlu khawatir jika mobil dicuri karena Anda dapat melacaknya dimana pun mobil itu berada dan dapat mendapatkannya kembali dengan mudah mengingat GPS dapat memaksa mesin mobil untuk berhenti bekerja dan tidak bisa dinyalakan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *