Cara Mudah untuk Mengetahui Mobil yang Bekas Banjir

Banjir sepertinya sudah menjadi bencana tahunan yang sulit dihindari. Berbagai masalah timbul akibat banjir diantaranya kerusakan mesin mobil akibat banjir. Diantaranya kerusakan pada mesin mobil akibat terendam air. Namun juga bencana ini dimanfaatkan oleh oknum penjual mobil bekas banjir dengan harga murah, tetapi tidak diberitahukan kepada calon pembeli bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir. Nah berikut adalah cara untuk mengetahui mobil tersebut bekas banjir atau tidak:

  1. Cara pertama. Telitilah lokasi asal mobil tersebut. Lihat STNK pada mobil. Alamatnya termasuk rawan banjir atau tidak. Memang tidak semua mobil daerah rawan banjir pasti pernah terendam. Namun hal ini patut dipertimbangkan.
  2. Kedua. Perhatikan harga yang ditawarkan. Jangan asal murah, jangan ada udang dibalik batu, patut dicurigai jika harga mobil yang ditawarkan terlalu murah.
  3. Ketiga. Masuklah kedalam kabin mobil lalu ciumlah aroma sekitar kabin mobil tersebut. Jika tercium aroma apek yang tidak wajar atau terlalu menyengat patut dicurigai mobil tersebut pernah terendam banjir. Karena mobil yang pernah terendam banjir sulit sekali menghilangkan aroma apek atau tidak sedapnya.
  4. Keempat. Cek fisik mobil tersebut. Periksa area sekitar sisi-sisi dinding mesin. Apakah ada noda atau karat bekas banjir karena biasanya noda di area tersebut sangat sulit dibersihkan.
  5. Kelima. Perhatikan kaca lampu bagian dalam, lampu belakang ataupun lampu depan. Jika terdapat air atau embun yang berlebihan di dalam kaca lampu mobil tersebut patut dipertimbangkan bahwa mobil tersebut bekas terendam banjir.
  6. Keenam. Ceklah interior sekitar kabin, lakukan pengecekan pada sekitar bagasi, hingga ke balik karpetnya, karena daerah tersebut termasuk sering terlewati saat dibersihkan. Cek kondisi kain pembungkus jok dan karpet. Cek bagian karet pintu juga, cek bagian dibalik dash board. Cek kabel-kabel, apakah ada bekas noda-noda tanah, pasir, noda air, sampah-sampah kecil, jika ada kemungkinan mobil tersebut bekas tergenang banjir.
  7. Tujuh. Lakukan test drive dan perhatikan performa mesin. Pada saat dihidupkan, apakah susah hidup, setelah itu pada saat test drive, apakah mesinnya meraung, perhatikan juga sistim kelistrikan apakah lampunya sebentar hidup sebentar mati. Jika hal tersebut terjadi, anda patut curiga mobil tersebut bekas tergenang banjir.
  8. Delapan. Cek rekam jejak servis mobil tersebut, terdapat nota-nota servis. Bahwa mobil yang terawat dengan baik, selalu memiliki catatan rekam jejak servis. Servis berkala dan masalah yang pernah dimiliki oleh mobil tersebut.
  9. Sembilan. Pilihlah penjual terpercaya, carilah pedagang atau showroom mobil bekas yang dapat Anda percaya untuk mendapat mobil bekas yang berkualitas.
  10. Sepuluh. Ajaklah mekanik ahlinya yang Anda percaya, biasanya mekanik yang ahli tahu sedikit banyaknya komponen-komponen yang sudah tidak normal. Ini menjadi pilihan yang terakhir, jika Anda ragu-ragu dari kesembilan cara diatas.

Demikianlah tips cara mengenal mobil bekas yang bagus, bukan mobil bekas banjir. Semoga bermanfaat, selamat berburu mobil bekas yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *