tips menjaga jok mobil tetap bersih

Cara Merawat Jog Mobil dengan Bahan Kulit dengan Mudah dan Tepat

Jog merupakan salah satu bagian dari interior mobil, yang mempengaruhi tingkat kenyamanan pada penggunaan mobil tersebut. Selain fungsi utamanya sebagai tempat duduk bagi pengemudi dan penumpang pada mobil tersebut, jog juga memiliki fungsi sebagai nilai penambah keindahan pada sebuah interior mobil. Bahan utama dalam pembuatan jog mobil ini biasanya akan kita temui dalam bentuk bahan kulit ataupun imitasi, dimana penggunaan bahan tersebut akan disesuaikan dengan keinginan dan selera dari para pemilik mobil itu sendiri. Bahan pembuatan yang berupa kulit dan imitasi yang diaplikasikan pada jog mobil ini, terkadang akan terlihat kusut dan memiliki perubahan warna yang terkadang dapat mempengaruhi keindahan dari interior mobil tersebut. Oleh karenanya ketika jog mobil Anda terbuat dari bahan kulit perawatan secara khusus memang harus Anda berikan.tips menjaga jok mobil tetap bersih

 

Untuk menjaga keawetan pada jog mobil berbahan kulit ini, pembersihan pada jog ini haruslah Anda lakukan secara berkala dengan tepat. Untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh pada jog mobil ini, sebetulnya Anda dapat melakukannya sendiri tanpa Anda harus mengeluarkan budget tambahan untuk membawa mobil Anda ke salon khusus mobil. Hanya dengan menyiapkan berbagai peralatan yang pada umumnya Anda miliki, Anda dapat membersihkan sendiri jog mobil Anda.

 

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda aplikasikan untuk membersihkan bagian jog pada interior mobil Anda, yang antara lain adalah:

 

  • Bersihkan terlebih dahulu jog mobil Anda dengan menggunakan vacum cleaner untuk pembersihan secara menyeluruh bagian interior mobil, hingga bagian yang memang sulit untuk dijangkau. Vacum cleaner ini mampu menyedot debu dan kotoran yang menempel pada jog mobil dengan lebih maksimal.
  • Jika terdapat noda menempel yang sulit dibersihkan, maka Anda dapat menggunakan cairan khusus pembersih jog berbahan kulit. Tuangkan cairan pada kain lembut seperti microfiber, kemudian oleskan pada bagian yang terkena noda dengan cara mengusapnya, dan bersihkan hingga noda hilang.
  • Semprotkan cairan khusus yang biasa disebut dengan conditioner jog, dimana cairan ini memiliki fungsi sebagai pelembab yang dapat menjaga tekstur dari kulit jog tersebut.

 

Lakukanlah treatment pembersihan tersebut, dengan minimal jangka waktu pembersihan sebanyak satu hingga dua bulan sekali. Hindari untuk menempatkan mobil pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama, karena hal tersebut nantinya dapat merusak tekstur permukaan dari jog kulit yang ada pada mobil Anda. Sedapat mungkin ketika Anda memarkirkan mobil, pilihlah tempat parkir yang teduh.

 

Untuk menghindari terjadinya pantulan sinar matahari secara langsung pada bagian jog dan interior mobil Anda, pasanglah sun visor pada kaca mobil yang Anda miliki. Selain dapat melindungi tekstur dari permukaan kaca ari goresan dan kotoran secara langsung, sun visor juga dapat melindungi kerusakan tekstur jog, akibat adanya pancaran sinar matahari secara langsung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *