Cara Merawat Aki Mobil Toyota Tua Anda Agar Tidak Cepat Tekor

Toyota merupakan sebuah brand mobil yang memiliki tingkat popularitas cukup tinggi di masyarakat. Selain memiliki bentuk body yang beragam sesuai dengan versinya, Toyota juga memiliki mesin yang tangguh dan cocok untuk digunakan dalam berbagai medan. Oleh karenanya sangatlah wajar jika kini para penghobi dan penggemar mobil Toyota, banyak melakukan perburuan untuk jenis mobil tua dari merek tersebut. Bagi Anda para pemilik mobil Tua dari Toyota, mungkin mesin yang dimiliki oleh mobil tersebut tidaklah terkendala dengan usia tua yang dimiliki, kendala biasanya muncul dari bagian aki yang ada pada mobil tersebut, dikarenakan faktor perawatan yang mungkin tidak kita mengerti. Bagi Anda para pemilik mobil Tua Toyota, sebagai sebuah pengetahuan saja, bahwa aki memiliki peranan yang penting dalam kelistrikan mobil Anda tersebut, sehingga fungsi dan keutuhannya haruslah Anda jaga dengan optimal.

Melakukan pengecekan berkala pada aki mobil Toyota tua Anda, sangatlah disarankan agar nantinya kita dapat mengetahui kondisi dari aki tersebut secara menyeluruh. Pastikan bahwa pada bagian kepala aki, tidak terdapat permukaan yang tidak rata, karena hal tersebut nantinya dapat mengganggu fungsi kerja dari aki itu sendiri. Lakukan perawatan secara rutin dan berkala pada aki mobil Toyota Anda secara menyeluruh, agar nantinya fungsi dari aki dapat tetap terjaga.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait dengan perawatan aki mobil tua Toyota Anda, yang antara lain adalah:

 

  • Cek daya pada aki, dan jangan biarkan daya tersebut benar-benar habis, sebelum Anda melakukan penyetruman ulang. Penyetruman yang dilakukan ketika daya aki kosong, akan menyebabkan aki mudah drop.
  • Perhatikan indikator air aki, pastikan bahwa air aki terisi sesuai dengan indikator minimal pengisian air aki. Hal ini penting karena air aki memiliki peranan yang cukup signifikan pada proses kerja aki sebagai sumber daya listrik pada kendaraan.
  • Bersihkan kepala aki dan bagian chuck pada saluran kabel dengan benar, agar nantinya aki dapat berfungsi dengan optimal.

 

Hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk perawatan aki mobil Anda, adalah teknik penggunaan aki itu sendiri. Pastikan ketika Anda tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lama, lepaslah chukc penghubung antara aki dengan komponen lainnya, dari kepala aki. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar daya aki tidak terus terserap pada komponen lainnya, sehingga aki dalam kondisi drop dapat Anda hindari dengan baik.

Apabila aki menunjukkan adanya indikasi kerusakan, maka segeralah ganti aki mobil Anda, agar nantinya tidak menjalarkan kerusakan tersebut pada komponen mobil lainnya. Kerusakan ataupun daya aki yang terus menurun, dapat Anda lihat dari sulitnya mobil untuk dihidupkan ataupun di stater, karena panel pada starter mobil biasanya akan langsung terhubung dengan aki mobil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *