Cara Membuat Performa Kendaraan Tua Tetap Kencang dan Irit Bahan Bakar

Semakin lama digunakan, maka kendaraan memang sering kali turun mesin, kondisi barunya yang memberikan tarikan nyaman mulai berubah menjadi semakin kurang nyaman. Belum lagi dengan konsumsi bahan bakar dari kendaraan tersebut yang kian melambung, jika biasanya cukup hanya dengan satu liter untuk digunakan pulang pergi ke tempat bekerja, maka sekarang akan kurang. Kondisi semacam ini mengharuskan Anda untuk membawanya ke tempat service, guna melakukan service secara berkala agar performanya kembali seperti semula.

Namun sebenarnya juga tak menutup kemungkinan bahwa masalah-masalah pada kendaraan dapat diatasi sendiri dengan mudah, khususnya bagi konsumen yang juga memiliki pengalaman di bidang memperbaiki kendaraan atau otomotif. Jadi tak harus keluarkan banyak uang hanya untuk mengatasi masalah tersebut. Cukup dengan perawatan sederhana dan mengganti bagian onderdil yang bermasalah saja, berikut ini setidaknya ada beberapa cara untuk meningkatkan performa motor Anda dan membuat konsumsi bahan bakarnya jadi semakin irit, diantaranya adalah:

  1. Porting polis, sarana yang satu ini memiliki fungsi untuk membuat tarikan kendaraan jadi semakin kencang. Karena dapat memperlancar proses hisap dan juga buang pada saat pembakaran terjadi. Cara kerjanya adalah dengan menambah nafas atau tenaga motor dari pengendara tersebut sehingga jadi kian efektif dipakai.
  2. Papas head, selain porting polish maka langkah lanjutkan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja dari motor untuk membuat tarikannya semakin meningkat adalah dengan pemapasan pada bagian head atau kepala dari kendaraan tersebut. Hal ini membuat rasio pemadatan pada kompresi juga berlangsung menjadi lebih tinggi, dampaknya akan sangat bagus untuk menaikkan kinerja dari kendaraan yang Anda miliki.
  3. Pembesaran klep, untuk kategori kendaraan 4 tak, maka klep ini memiliki fungsi yang sangat penting di dalam memperlancar proses pembuangan dan juga penghisapan, dengan melakukan pembesaran pada bagian tersebut maka dampaknya juga sangat bagus, khususnya adalah untuk meningkatkan kemampuan kendaraan tersebut dalam bernapas. Efisiensi pembakaran jadi semakin tinggi dan membuat kendaraan kian irit pemakaiannya.
  4. Rajin melakukan service, hal lainnya yang dapat dilakukan untuk membuat kendaraan tetap irit meskipun sudah memasuki tahun ketiganya digunakan adalah dengan melakukan service rutin sesuai dengan jadwalnya. Dengan adanya service maka bisa membuat performa kendaraan menjadi selalu baru dan tentunya berdampak pada tarikannya yang ringan juga kencang, hingga dapat memicu pembakaran kian optimal juga irit.

Banyak langkah mudah yang bisa dipakai agar kendaraan tua Anda tetap memiliki performa maksimal ketika digunakan di jalan raya, tarikan tetap kencang dan konsumsi bahan bakar menjadi irit. Jadi bisa mengaplikasikan 4 langkah mudah di atas. Untuk yang kurang ahli dalam hal otomotif maka dapat mempercayakannya kepada bengkel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *