Cara Membersihkan Karburator Mobil Sendiri

Mobil tiba-tiba mati dan tidak bisa di starter lagi, jika memang sebelumnya dalam kondisi bagus, maka bisa terjadi kerusakan pada bagian karburator. Ini adalah bagian pengapian pada kendaraan bermotor, baik mobil atau sepeda motor. Terjadi masalah pada karburator tentu akan muncul masalah tarikan yang lebih berat, boros bahan bakar dan terjadi tumpukan timbal, karena menggunakan bahan bakar dengan jumlah oktan rendah.

Membersihkan karburator pada mesin mobil Toyota terbilang cukup mudah, karena letaknya akan terlihat saat membuka kap mobil. Saat muncul masalah di bagian pengapian, belum tentu terjadi kerusakan pada karburator, bisa jadi karena terdapat kotoran yang menjadi sumbatan tenaga ke mesin menjadi berkurang. Jika ingin membersihkan bagian karburator, sebaiknya diamkan mobil semalam, agar mesin benar-benar dingin. Ini akan memudahkan melepaskan karburator dan tidak panas saat dibersihkan.

Belum ada acara di akhir pekan, bagaimana jika membersihkan karburator mobil Toyota kesayangan, ini akan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Karena banyak orang bilang, membongkar mobil itu mudah namun menyatukan kembali sangat sulit kecuali ahlinya, untuk itulah persiapkan terlebih dahulu alat dan ikuti cara membersihkan karburator mesin sendiri dengan aman dan tepat. Alat-alat yang harus dipersiapkan:

  • Dua buah obeng dengan bagian ujung minus ( menyerupai garis lurus).
  • Kunci ukuran 10 dan 15 untuk melepaskan mur dan baut yang menempel di setiap bagian karburator.
  • Cairan untuk membersihkan bagian karburator. Di toko spare part anda bisa membeli cleaner, namun tidak jika tidak ada gunakan saja bahan bakar kendaraan, bisa premium atau pertamax tetapi jangan solar karena akan sangat kotor nantinya.

Cara membongkar sekaligus membersihkan karburator mesin mobil Toyota:

  • Cari kabel accu terlebih dahulu, lepaskan dan buka penutup filter udara beserta dengan rumahnya. Ini untuk mencegah aliran listrik terkumpul di sini, sebelum melakukan pembersihan pastikan menggunakan pakaian lengan panjang dan sarung tangan.
  • Buka selang bahan bakar yang mengarah ke karburator, usahakan untuk tidak menumpahkan bahan bakar, lepaskan juga kabel gas dan beberapa kabel lain yang terhubung dengan karburator.
  • Setelah semua kabel terlepas, buka satu per satu mur dan bau pada dudukan karburator. Jika sudah terbuka dan lebih longgar, bukan perlahan manipold, tempat menempelkan karburator mesin.
  • Setelah karburator terlepas, maka bersihkan dengan cara di anginkan terlebih dahulu. Ini untuk menghilangkan debu, setelah ibu bersihkan dengan sikat gigi kecil agar kotoran di segala celah bisa menghilang semuanya.

Untuk membersihkan dan kering sempurna, bisa semprotkan angin dengan kompresor. Jika tidak ada, diamkan di tempat berangin sekitar satu jam. Pasang kembali dengan cara yang sama seperti membukanya, pastikan mur dan baut sudah terpasang kencang dan hidupkan mesin mobil. Saat dinyalakan sudah terasa bedanya akan lebih ringan tanpa harus menekan gas terlalu dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *