Biaya Service Mobil Mahal? Coba Lakukan Perawatan Sederhana Ini Sendiri di Rumah!

Berkendara dengan kendaraan pribadi memberikan lebih banyak keuntungan untuk pengeluaran Anda, begitu juga dengan efisiensi waktu yang tergolong lebih baik dibandingkan dengan naik kendaraan umum. Namun sebagai imbalannya juga wajib melakukan perawatan kendaraan tersebut jika tidak ingin mudah mengalami kerusakan. Mulai dari mencuci hingga melakukan service secara rutin, hal ini pastinya membuat Anda harus keluarkan beban atau biaya tambahan. Di samping biaya untuk penggunaan bahan bakar pada mobil tersebut.

Guna untuk menghemat biaya pengeluaran akan perawatan kendaraan banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  1. Mencuci kendaraan sendiri, khusus untuk perawatan luar yang satu ini sebenarnya bukan hal sulit untuk dilakukan sendiri, tanpa harus datang ke car wash, hitung saja biaya yang harus Anda keluarkan jika setiap minggu paling tidak harus mencuci mobil sekali dan datang ke car wash. Tentunya bisa kena hingga puluhan ribu rupiah setiap bulannya, belum lagi ketika memasuki musim hujan dimana kendaraan wajib untuk dicuci setelah terkena dengan air hujan.
  2. Penggantian ban hendaknya bisa dilakukan sendiri, hal lainnya yang dapat menghemat biaya untuk perawatan kendaraan roda empat tersebut adalah dengan mengganti ban yang lama dengan bank kendaraan yang baru sendiri. Tidak perlu mengandalkan tenaga bengkel, karena pada dasarnya hal ini bisa dilakukan di rumah, jika ban sudah tidak layak pakai, maka Anda bisa secara mudah melakukan pergantiannya dengan menggunakan beberapa jenis alat.
  3. Selalu memastikan oli dalam keadaan yang terisi, oli ini adalah pelumas kendaraan yang fungsinya sangat penting, mencegah terjadinya oksidasi atau karat di bagian dalam mesin, hingga memiliki fungsi lainnya untuk menunjang kerja bagian transmisi pada kendaraan matic, karena oli berperan besar, ketika jumlahnya menipis atau mulai habis maka akan sangat mempengaruhi kinerja bagian yang lain, bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang parah.
  4. Isi aki mobil secara teratur, aki adalah bagian pengapian dan juga penunjang daya beberapa komponen penting yang ada pada kendaraan, saat aki tekor umumnya beberapa bagian pada kendaraan mulai dari lampu sen, lampu kemudian juga speedometer tidak akan bisa menyala. Jangan tunggu sampai hal ini terjadi, pastikan untuk selalu mengecek aki pada kendaraan tersebut dan menggantinya secara berkala.
  5. Bersihkan bagian penyaring udara atau AC secara berkala, proses pembersihan ini digunakan untuk memastikan sistem pendingin bekerja dengan baik, juga menghindari overhead atau panas berlebihan jika kondisi penyaring udaranya kotor.

Setidaknya itulah beberapa cara mudah untuk perawatan mobil agar tidak memakan biaya terlalu mahal, bisa dilakukan sendiri tanpa perlu keahlian khusus. Dengan beberapa langkah tersebut bisa membantu membuat kendaraan selalu dalam performa maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *