Beberapa Hal yang Baiknya Diperhatikan untuk Menjaga Cat Mobil Agar Tetap Awet

Mempunyai kendaraan dengan bodi yang mulus dan cat yang senantiasa mengkilat tentu menjadi dambaan semua pemilik mobil. Supaya kita memiliki kendaraan yang seperti itu, tentu kita harus rajin untuk merawatnya. Banyak memang yang mensiasatinya dengan cara melakukan pengecatan ulang, namun alangkah baiknya kita mensiasatinya dengan melakukan perawatan yang baik dan benar agar tidak perlu mengeluarkan uang untuk pengecatan ulang di kemudian hari.

Merawat kondisi cat mobil sebenarnya adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun terkadang sebagian dari kita tidak begitu paham cara perawatan yang baik dan benar. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan pada cat mobil agar awet, diantaranya yaitu:

 

  • Menghindari sinar SUV atau sinar matahari.

Paparan sinar matahari dalam waktu yang lama tidak baik untuk cat mobil Anda. Cat mobil akan cepat pudar dengan cepat. Untuk itu ada baiknya saat memarkirkan mobil mencari tempat yang teduh. Jika tidak ada tempat teduh saat mencari tempat parkir, Anda bisa menggunakan sarung mobil yang sudah banyak dijual di pasaran.

 

  • Menggunakan pembersih khusus mobil.

Pembersih khusus mobil mempunyai komposisi bahan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan perawatan mobil. Hindari menggunakan produk sembarangan untuk kebersihan mobil, karena hal ini akan menyebabkan bagian bodi menjadi tipis dan membuatnya menjadi kasar.

 

  • Membersihkan mobil dengan menggunakan kanibo.

Kanibo merupakan kain khusus untuk membersihkan mobil. Alternatif lain Anda bisa juga menggunakan kain yang lembut, hal ini bertujuan agar cat mobil tidak tergores saat dibersihkan. Pastikan saat membersihkan, kanibo maupun kain halus tadi dalam keadaan yang bersih sehingga tidak menimbulkan bercak kotoran pada cat mobil.

 

  • Membersihkan bodi mobil dengan lap khusus.

Anda bisa membersihkan mobil dengan kain lap, namun dengan terlebih dahulu menyiramnya dengan air bersih. Karena jika mobil dalam keadaan kering, kemungkinan cat tergores akan sangat mudah. Selain itu bodi mobil akan tampak kusam. Saat pengelapan gunakan pelumas khusus bodi mobil untuk hasil yang baik. Pengelapan dilakukan dengan teknik memutar dari arah kiri ke kanan atau searah dengan jarum jam.

 

  • Mencuci mobil dengan teratur.

Mencuci mobil dengan teratur sangat baik untuk menjaga cat mobil senantiasa awet. Lakukan minimal seminggu sekali. Namun jika kondisi terkena guyuran air hujan setiap hari, mencuci mobil harus dilakukan dengan segera.

 

  • Memarkirkan mobil dalam garasi.

Kebiasaan memarkirkan mobil di luar saat sudah tidak digunakan beraktivitas sangat tidak dianjurkan. Kelembapan udara terlebih air embun bisa memudarkan warna cat dan mengurangi ketahanan bodi mobil. Jika dibiarkan terus-menerus tidak menutup kemungkinan bodi mobil mengalami retak-retak. Untuk menghindari hal ini terjadi Anda bisa memarkirkan mobil ke dalam garasi atau menggunakan sarung mobil jika ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *