Agar Bensin Mobil Lebih Efisien, Cobalah 4 Trik di Bawah Ini!

Bahan bakar mobil yang terlalu boros dijamin menjadi persoalan yang dihadapi sebagian besar pemilik kendaraan roda empat. Kondisi ini bisa terjadi karena salah memilih mobil dimana mesin di dalamnya tidak memiliki teknologi irit bahan bakar. Bisa pula karena aktifitas pemakaian mobil yang terbilang intens sehingga kunjungan ke pom bensin terbilang sangat sering dan membuat dompet tekor. Alasan bahan bakar yang boros inilah banyak orang mengurungkan niat belanja mobil karena khawatir tidak sanggup menopang beban operasional mobil tersebut.

Trik Menghemat Bensin Mobil Kesayangan

Padahal kalau mau jujur ada sekian trik yang membuat mesin mobil tidak mudah mengkonsumsi bensin secara berlebihan sehingga irit. Adapun triknya adalah:

 

  • Batasi durasi saat memanaskan mesin mobil,

Memanaskan mesin mobil memang menjadi rutinitas wajib untuk memastikan aki mobil senantiasa bekerja dengan baik dan terawat. Akan tetapi tidak melulu harus dilakukan sampai setengah jam atau lebih, karena dijamin banyak bahan bakar yang terbuang percuma. Batasi durasi saat memanaskan mesin mobil kesayangan apalagi cukup lima menit saja maka aktifitas ini sudah bisa dihentikan. Jadi mengapa harus lama-lama?

 

  • Batasi jumlah muatan mobil tersebut,

Mobil pada dasarnya memiliki kapasitas muatan maksimal yang harus diperhatikan oleh semua pemilik kendaraan tersebut. Pasalnya tidak sedikit pengemudi yang tidak memperhatikan soal kapasitas ini sehingga asal angkut penumpang berlebihan atau barang berlebihan misal ketika akan pindahan. Tindakan ini baiknya dihindari, sebab dengan muatan yang berlebihan kerja mesin mobil menjadi lebih keras dan membutuhkan suplay bensin lebih banyak. Alhasil tangki bensin mudah sekali habis, sehingga terhitung boros.

 

  • Selalu memeriksa tekanan angin ban,

Tekanan angin pada ban mobil memang selalu di wanti-wanti untuk diperiksa secara teratur, yakni setiap hari. Ketika hendak membawa mobil bepergian entah antar jemput anak ke sekolah atau berangkat ke kantor. Meski termasuk perjalanan pendek namun kalau tekanan angin ban kurang otomatis mesin bekerja lebih keras agar roda mobil terus berputar maju ke depan. Hal ini menyebabkan konsumsi bensin terasa bocor alias boros, maka pastikan tekanan anginnya sudah pas, ketika dilakukan dijamin bensin semakin irit.

 

  • Memperhatikan jarak aman saat menyetir,

Menyetir mobil bagi sebagian orang adalah tindakan praktis dan super mudah, semakin sering dilakukan maka keahlian ini semakin mumpuni. Namun sekaya apapun pengalaman di jalan kalau jarak aman saja tidak diperhatikan tentu akan sia-sia. Sebab mengatur jarak aman dengan pengguna jalan lain adalah tindakan cerdas yang tidak hanya menyelamatkan Anda dari kemungkinan kecelakaan. Namun juga menjadikan bensin mobil jauh lebih efisien karena tidak pernah lagi mengerem mendadak atau gas yang naik turun tak beraturan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *