5 Langkah Mudah Menjaga Performa Kendaraan Tetap Maksimal

Kendaraan lama maupun baru sebenarnya tidak ada banyak perbedaan, kecuali dari segi bodynya, umumnya kendaraan yang masih baru bodynya dalam kondisi yang mulus atau tanpa lecet, berbeda dengan kendaraan lama atau tua yang kondisi fisiknya sudah tidak sebagus dulu. Lalu bagaimana dengan performa mesin. Hal ini sangat bergantung pada perawatan dari kendaraan tersebut. Biasanya kendaraan baru masih memiliki performa yang baik karena memang belum banyak digunakan menempuh perjalanan jarak jauh. Berbeda dengan mobil tua yang sudah sering dipakai atau lebih banyak pengalamannya.

Hanya saja jika dirawat dengan tepat sebenarnya performa akan tetap terjaga dengan baik. Satu hal juga yang harus diketahui bahwa meskipun Anda memiliki sebuah kendaraan baru, namun jika tidak dirawat dengan baik, pastinya bisa menyebabkan performa dari mesin kendaraan itupun jadi turun. Hingga menyebabkannya tidak berbeda dengan mobil tua. Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk meningkatkan performa dari mobil atau kendaraan, diantaranya adalah:

  1. Gunakan bahan bakar yang tepat, komponen utama yang menunjang tenaga sebuah mesin mobil adalah dari bahan bakar. Umumnya mengacu pada jenis mesin mobil tersebut bahan bakar yang digunakan juga berbeda-beda. Misalnya saja untuk mesin diesel yang membutuhkan bahan bakar solar, maka jangan diisi dengan bensin, sejalan dengan hal tersebut mesin bensin harus diisi dengan bahan bakar bensin pula. Pemilihan jenisnya ini sangat penting, begitu juga dengan kualitas, misalnya ada seri premium dan juga pertamax.
  2. Pastikan ada ruang yang cukup untuk pembuangan sisa pembakaran kendaraan tersebut, oksigen ternyata tak hanya dibutuhkan oleh manusia, melainkan ruang yang ada dalam sebuah mesin. Artinya setiap pembakaran yang terjadi akan mengeluarkan zat sisa yaitu sebuah gas atau asap, pastikan ia keluar dari kendaraan, untuk itu rawat bagian filter dan juga saluran pembuangan dengan baik, sehingga nantinya gas tersebut bisa keluar dengan mudah.
  3. Sistem pengapian selalu dalam kondisi yang optimal, tak kalah penting adalah sumber kelistrikan atau sistem pengapiannya, ketika ia berada dalam kondisi yang baik, maka mobil akan mudah untuk dihidupkan, namun ketika kondisinya tidak begitu baik akan menyebabkan mesin mobil juga sangat sulit untuk dihidupkan.
  4. Kurangi beban kendaraan, jangan paksa mobil untuk membawa beban melebihi muatan maksimalnya, karena hal ini bisa mempercepat terjadinya kerusakan pada mesin kendaraan tersebut, performa juga jadi turun, karena membawa beban melebihi jumlah maksimal.
  5. Rajin service ke bengkel, pastikan untuk membawa kendaraan tersebut agar mendapatkan service secara berkala sehingga performanya kembali maksimal.

Bukan hal yang sulit sebenarnya untuk menjaga performa kendaraan tetap maksimal, hanya saja beberapa langkah diatas jarang sekali dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *